March 20, 2014

Referensi Musik? Last.FM Jago-nya

Habis nonton indonesian idol 2014 di RCTI
jadi ingat banget, musik yang aku dengar gak jauh-jauh dari apa yang aku dengarkan dari Tv sama Radio.
jadi kalo yang nyanyi gak terkenal banget!(baca:mainstream) bisa dibilang si penyanyi bakal gak didengar di telingaku.
bener banget! tiap orang punya selera musik yang beda-beda, tergantung telinganya yah.. hhe



beruntung banget ada yang mengklasifikasikan jenis-jenis musik, jadi kita gampang nyari tipe lagu yang kita suka, keunikan suara yang kita suka, dsb.

Memilih musik yang orang lain pasti suka itu emang lebih  kompleks daripada menunjukkan film. Alasan kita suka lagu sangat subjektif dan dapat bergantung pada sangat spesifik, karakteristik kadang-kadang slow atau beat. Jadi rekomendasi musik adalah masalah yang sulit yang solusinya, tapi kalo bisa memproses hal ini, siapa tahu jadi bisnis iya kan. 

Beberapa perusahaan telah mencoba untuk menyelesaikannya dengan pemrograman komputer untuk mengidentifikasi lagu pendengar yang diberikan akan suka. Lainnya menggunakan penilaian manusia untuk mencocokkan musik baru dengan preferensi pendengar. Dalam artikel ini, kami mengevaluasi beberapa pemain kunci.

jadi kebayang! ketika internet di Indonesia nanti kenceng banget, bahkan warnet-warnet pinggiran udah dengan kecepatan Megabytes per detik, semakin membuka pintu keajaiban bagi para pecinta musik di tanah air. Soalnya gak lama lagi semua yang kita akses di internet akan kita nikmati gratis ataupun berlangganan koleksi lengkap lagu-lagu yang kita tinggal Search saja udah ketemu dan bisa dimainkan streaming langsung tanpa mengurangi kualitas musiknya.

Nah yang aku pengen share disini adalah kita diberikan rekomendasi musik yang kita suka secara gratis dan otomatis.

ONLINE MUSIC DISCOVERY
Kalo Last.fm ini sistemnya make data yang dihasilkan oleh algoritma khusus yang bisa memahami hubungan antara lagu dan pendengar. Situs ini memonitor kebiasaan lagu yang kita dengar dari berbagai sumber yang kita pake, misalnya dari hape, tab, ipod kamu, atau dari dekstop player kamu.

Beruntung banget nih Last.FM , udah membuka telingaku dengan selera-selera yang aku suka dengan penyanyi-penyanyi yang aku bahkan gak tahu dari dulu. Di situs ini kita bisa gunakan pemutar musik yang kita suka buat di scrobbling (baca: update status), dengan kita dengerin lagu-lagu yang kita suka kita udah membuat suatu profile online khusus musik yang ada disitusnya yang akan di singkronkan dengan playlist kita selama ini apa aja yang kita dengarkan. Situs ini mengkategorikan sesuai apa yang kita inginkan dan semua yang kita harapkan akan muncul, yaitu musik baru sesuai selera kita.

Misalnya saja kamu udah dengarin lagu-lagunya Avril Lavigne, mereka akan ngerekomendasikan kamu untuk dengerin Taylor Swift, Demi Lovato, dll yang masih dalam genre dan jenis musik yang sama dan keunikan yang sama. itu semua berkat semua orang yang menggunakan situs ini juga. mereka membantu mengkategorikan apa yang mereka suka dalam satu kategori selera ataupun TAG.

Mau referensi musik kamu bagus, tinggal ikutin last.fm, nama lain-nya sih Online Music Disovery.



scrobblingnya bisa pake Smartphone kamu, ipod kamu, atau pake laptop kamu juga bisa.
gak harus online sih kalo pake ipod asal tau caranya biar lagu-lagu yang udah kamu dengarkan ke update disitusnya. penting nih semua label/tag yang ada di lagu mulai dari artis,judul,penyanyinya albumnya udah lengkap waktu lagi scrobbling/dengar lagunya.

FYI, Last.fm bukan satu-satunya layanan online music discovery ini, masih ada Spotify dan EchoNest tapi belum tahu kapan bisa direalisasikan aksesnya buat indonesia.

Rekomendasi musik terbaik datang dari sekitar kita,

Sehebat apapun rekomendasi yang diberikan sebuah situs music discovery ini gak ada yang ngalahin rekomendasi dari orang yang kita kenal baik, bener gak? Temen kita lebih baik dari pada mesin pencarian ini.

Oleh sebab itu banyak dari layanan sejenis ini make data yang dihasilkan oleh sambungan kita ke sosial media semacam facebook, twitter, untuk mengolah data rekomendasi yang hampir mendekati sempurna. contohnya songbird, soundrop, dll.

Komputer gak bisa selamanya tahu musik yang baru saja muncul, harus ada seseorang yang mencicipi alias denger lagunya trus memberikan semacam testimonials yang membuat lagu tersebut ada kategorinya.


Last, we have to try!
Let's fill our life with happiness and music!




0 comments:

Post a Comment

Ketika sebuah kalimat membentuk untaian makna baru, maka sebuah simbol akan terlihat.