April 16, 2014

Belajar Bahasa Asing dengan Mudah dan Menyenangkan

Judulnya klise banget yah, sekarang kita bicara tentang pelajaran bahasa inggris di sekolah, loh katanya belajar bahasa inggrisnya bisa mudah dan bikin seneng?

biar lebih umum kita bicarakan "belajar bahasa asing" ok!




Belajar suatu bahasa yang belum kita pahami atau kita mengerti artinya bakalan susah, soalnya dari kita mulai belajar bahasa adalah dengan membacanya sesuai dengan pengucapannya.

1. kita belajar alfabetnya, cara ngucapin alfabetnya dengan benar.
2. mengenal kosakata, mulai dari yang disekeliling kita aja dulu, misal : nama-nama benda mati, nama-nama makhluk hidup, nama-nama pekerjaan, nama-nama panggilan aku, kamu, dia, mereka, kata-kata pertanyaan 5W+1H,
3. Merangkai kalimat, entah itu peryataan, larangan, pujian, ejekan, dan lain-lain
4. Merangkai pertanyaan

sehingga kita memiliki bekal yang cukup untuk langsung berhadapan dengan yang namanya dunia nyata yang tidak semudah tulisan yang bisa kita baca.

yang kita butuhkan adalah KOSAKATA dan CARA MERANGKAI KATA

bahasa adalah alat komunikasi dengan orang lain, cara kita mengungkapkan apa yang kita pikirkan dengan lisan dan tulisan, cara kita merespon pembicaraan orang lain dengan kita, dan lain-lain

SKIP !
SKIP !
SKIP !
CUT !
OK !

Daripada bosan baca tulisan diatas!
mendingan kita belajarnya santai aja, biasanya kalau kita sudah familiar dengan kosakata dan penyampaian orang lain dalam bahasa asing, kita akan terbiasa sedikit demi sedikit.

Dan sebenarnya, lingkungan tempat tinggal kita sangat berpengaruh dengan apa yang akan kita pelajari.
ILMU kalau semakin digunakan tentu saja dengan mudah kamu MENGUASAINYA.

dan herannya di indonesia, sedikit sekali kemungkinan yang kita dapat untuk saling belajar berbahasa asing diluar sekolah, kecuali les, ataupun standard internasional lainnya.

dan anehnya lagi ! banyak sekali bahan yang bisa membuat kamu dalam lingkungan yang mendukung tersebut dengan menitik beratkan kepada hal yang kamu suka.

misalnya kamu suka SEPAKBOLA, pasti pernah nonton video trik-trik dalam bermain bola ataupun menonton klub kesayangan kamu yang lagi di wawancara dengna bahasa asing, dan kamu pasti ingin tahu artinya bukan?

misalnya lagi kamu suka MEMBACA BUKU, baik fiksi maupun nonfiksi kala kamu senang membaca, coba aja baca dengan bahasa asing, misalnya baca buku fiksi ERAGON yang sangat kental petualangannya dan kekuatan serta naga yang menghiasi cerita dalam buku ini, bukankah kamu semakin penasaran apa arti sebuah kata dan kalimat yang telah ditulis disana, ya, walaupun berat! kamu akan berterimakasih kepada dirimu sendiri dikemudian hari. masih dengan baca buku, kalau aja kamu tidak suka baca buku, kamu pasti suka dengan AUDIOBOOK, jadi buku ERAGON misalnya saja, telah dibacakan secara lisan dengan bahasa asing dengan kata perkata, perkalimat hingga seluruh buku telah habis dia bicarakan dalam bentuk file audio yang bisa kamu dengarkan dengan mp3 player ataupun dengan smartphone kamu.
bayangkan aja saat kamu mendengar audiobook ini kamu akan mendengar cara pengucapan kata, dan emosi yang keluar saat mengeluarkan kalimat ini akan sangat berpengaruh saat kita berbicara. seperti orang yang berbahasa jawam kemudian berbahasa indonesia, pasti akan cukup mudah dikenali aslinya. ini tidak lain adalah dialek ataupun logat yang berasal dari lingkungan tempat dia lahir karena sudah terbiasa mengucapkan dan mendengarkan bahasa orang-orang disekitarnya dan kemudian itu terukir seperti tersalin dalam otak bawah sadarnya untuk berkata mirip seperti orang-orang disekitarnya.

misalnya lagi kamu suka nonton FILM, coba aja nonton pake subtitle bahasa aslinya  ataupun bahasa yang akan kamu pelajari, pertama tonton aja sesuai dubbingnya misalnya aslinya pakai bahasa inggris, kamu pasangkan saja subtitle yang sama yaitu berbahasa inggris pula, dengan begitu kamu akan bisa melihar kata yang dibicarakan dan kata yang diucapkan.

Secara tidak langsung kalo kamu menerapkan tips yang diatas, secara tidak langsung kamu akan bisa mengerti dan mendapatkan skill atau kemampuan baru, contohnya :

- kamu bisa Nonton film tanpa subtitle, cukup suara aslinya saja.
- kamu bisa baca buku dengan lancar dan tahu arti sebuah kalimat walaupun ada kata yang kamu tidak mengerti didalamnya.
- kamu bisa mendengar audiobook layaknya kamu mendengar radio berbahasa indonesia, yang sudah lancar kamu pahami.

itu aja sekiann~
thx udah baca



0 comments:

Post a Comment

Ketika sebuah kalimat membentuk untaian makna baru, maka sebuah simbol akan terlihat.