April 2, 2014

Sepeda Fixie | Rakitan sendiri? Pengen!


Awalnya saya lihat sepeda fixie ini sangat aneh, lihat saja ban-nya yang tipis dan kecil, terlalu ringkih,
gak lama habis lihat sepeda ini, ternyata berdatangan lagi sepeda fixie yang lain yang gak mau ketinggalan eksis dimata saya. Entah itu punya teman sekos, punya temen segeng, punya temen seperguruan, punya temen makan bakso, punya temen satpam. dan herannya kok disekitar saya semuanya jadi kena gelombang fixie. dramatis!

Sebenarnya yah, yang tadi becanda aja. Sepeda fixie ini ngetrend sih, tapi gak tau kemana ya sekarang udah ajrang banget liatnya dijalanan atapun dikampus.

Karena penasaran, googling dikit nemu video-video yang emang nunjukin fixie itu unik.
contohnya aja: ini sepeda bisa jalan mundur kayak michael jackson aja, trus ada banyak trik-trik sederhana aja yang kayaknya gak butuh tenaga banyak udah keren banget kayak skid! liat aja di youtube
cari aja fixie tricks skid or whatever...



yang bikin asik itu sebenernya ngerakit dari awal sesuai apa yang kita mau, walaupun belum pernah ngerakit fixie sampe sekarang. rasanya paling enggak mirip banget kayak barang-barang DIY (Do it Yourself) yang hasil buatan tangan sendiri. Sangat membanggakan!! Langsung mau pamer aja ... eittss!

Sementara nampang disini dulu my DREAM BIKE,
Nunggu bayaran Gaji, mahal banget sih lu..

Btw, kalo lo masih bingung mau milih sepeda apaan, silahkan meluncur kesini Panduan memilih sepeda

     SIMPEL, MINIMALIS, dan FANTASTIS
     konsepnya mirip-mirip gini palingan

Budget ?

Yang pertama harus dibeli?




1. Frame

Ternyata untuk menentukan frama yang akan dibeli harus sesuai dengan kebutuhan kita juga, mau frame model apa ? misalnya frame tipe Road Bike, MTB, BMX, Hybrid, Fixie, atau lainnya. dan yang paling penting adalah tinggi badan kita juga berpengaruh dalam pemilihan jenis framenya loh.


Cara Menghitung Ukuran Frame
Dalam membangun fixie impian, kita harus mengetahui ukuran frame fixie yg akan kita bangun. Hal ini penting sekali mengingat ukuran frame yg salah dapat mengurangi kenyamanan kita dalam mengendarainya. Untuk itu, fixie riders wajib mengetahui ukuran frame berapa yg harus dipakai.
Mengukur frame yg sesuai dengan postur badan kamu tidaklah sulit, kamu hanya perlu mengambil sebuah meteran yg dapat mengukur jarak tube dari bottom bracket ke sitpin. Berikut ini adalah ratio rata2 frame fixie. Disebelah kiri terdapat size (ukuran frame) dan selanjutnya disibelah kanan size ada tinggi badan, lalu ukuran seluruh bidang frame.

 
Untuk menggunakan teknik pengukuran diatas, kamu hanya perlu mencocokan tinggi badan kamu ke size frame kamu. Cara menghitungnya adalah misal size 49 adalah untuk orang yg tinggi badannya 4,11feet ke 5,4 feet. Untuk yg ga biasa menggunakan ukuran konfersi "feet/kaki" tinggal mengkonfersinya sendiri dimana 1feet = 30.48cm. Jadi kalau 4,11 feet  artinya adalah = 125 cm. Jadi kesimpulannya ukuran frame 49 adalah ukuran frame yg paling cocok dan ideal untuk orang dengan tinggi badan 125cm sampai 164cm.
Agar lebih mudah menghitungnya, kamu bisa perhatikan gambar dibawah ini dimana diberikan ukuran yg sudah dikonfersi secara m (meter). Jadi ukuran frame 49 dibawah ini dikatakan adalah ukuran untuk orang dengan tinggi badan 1.50meter - 1.65 meter.  

Ok, so pasti kalian sudah mengerti dong sekarang gimana caranya memilih ukuran frame yg tepat untuk diri kalian. Jangan sampai salah memilih ukuran fixie bro/sis karena, salah mengukur frame akan membuat diri kalian tidak nyaman ketika mengendarai fixie kalian. So be wise on chosing ur own fixie frame. [source]

2.Fork/Garpu

Bisa memakai garpu bawaan sepeda kalau pakai frame jadul, atau bisa beli garpu satuan, yg harus diingat garpu fixie mesti cukup panjangnya untuk ban berukuran 26-27" masuk.


3.Handle bar/Stang
Stang fixie boleh berbentuk balap, boleh berbentuk lurus atau naik keatas seperti stang sepeda BMX, jadi tinggal selera mau pake yg mana bisa-bisa aja. But, kalo kamu pengen tahu cara memilih handle bar yang cocok buat kamu bisa cek disini.



4.Grip/Karet Stang
Karet stang biasanya dipakai untuk stang lurus, kalau stang balap biasanya pake bartape semacam solatape dari busa/kulit yg dililit di stang balap tersebut

5.Stem/Pengikat Stang 
Stem fixie bisa berbentuk kotak, atau bango (untuk stang balap).











6.Headset
Headset adalah parts yg memiliki bearing/cincin pada frame dan fork yg bekerja agar fork dan stang dapat diputar. Satu komponen penting untuk sepeda Fixie adalah bagian Headset. Bagian ini sebagai penghubung frame dan fork / garpu depan sepeda fixie. Agar awet sebaiknya mengunakan tipe bearing. Harganya jauh lebih mahal, sekitar 250 ribu dari produk Token.

7.Crank/Gigi Depan 

Ini adalah gigi depan fixie, crank biasanya dijual dalam bentuk gigi depan dan tuas pedal. Nah biasanya cari aja yang warnanya sama sama frame kamu biar match









8. Bottom Bracket
ini sama seperti headset yaitu alat yg mengatur gesekan, namun letaknya di bagian bawah frame tepatnya di baigan tempat crank dipasang).

9. Cog/Gigi Belakang
ini adalah gigi belakang fixie. Cog jg ada yg model ring (putar) ada yg model 6bolt. Tergantung hub (tromol) yg kamu pakai seperti apa

10. Pedal

Pedal adalah bagian tempat kita akan menempatkan kaki kita untuk mengayuh sepeda).
Nah ini pilihan aja, yang mana yang kamu pengen


11.Strap &Toe clips



Ini adalah pengikat yg ada di bagian pedal. Fungsinya agar kaki kita tidak mudah jatuh dari pedal dan sangat berguna dalam melakukan trik2 fixie)


12.Sadel/Tempat Duduk


13.Seat post/Tiang
Tempat duduk (yg berfungsi untuk menghubungkan frame dengan saddle).


14.Rims (Velg)
Ada 2 pilihan. Pertama rim klasik dengan bentuk seperti velg sepeda biasa atau sama dengan rim sepeda Hyrid berukuran 700c. Yang sedang tren adalah velg lebar. Velg atau Rim sepeda Fixie seperti gambar dibawah ini lebih dipilih. Satu catatan saja, untuk komponen roda sepeda Fixie adalah komponen paling mahal dari seluruh sepeda. Harganya mencapai 2 juta untuk roda depan dan belakang berkualitas.Tetapi velg atau rim sepeda Fixie sejenis berwarna saat ini mulai turun, harga velg Fixie hanya 200 ribuan saja.






15.Hub (Tromol)










16. Spoke (Jari-Jari)



17.Tire (Ban Luar)












18. Inner tube (Ban Dalem)


19. Rantai



20. Rem



Ada baiknya anda memasangkan rem pada sepeda fixie anda. Walau sepeda fixie dirancang untuk kemudahan, sederhana dan tampil menarik. Saat ini kami banyak mendengar pengendara sepeda Fixie kesulitaan menghentikan laju sepeda. Bahkan beberapa pengendara sepeda sering terjatuh karena membentur bagian samping mobil. Rem sepeda Fixie memang unik, mengunakan teknik dengan menekan pedal dengan berat badan. Ban belakang yang tipis akan berhenti seketika. Tetapi laju sepeda tidak akan terhenti secara sempurna, khususnya pada kecepatan tinggi. Ada baiknya memasangkan rem V-brake pada roda depan sehingga menambah daya pengereman sepeda anda.



Rencanakan komponen menjadi target Sepeda Fixie anda, khususnya untuk Fixie Premium.
Sepeda fixie diciptakan untuk indah, murah, tidak repot dan bergaya anak muda. Dengan meningkatkan penguna Fixie dan tren gaya hidup. Sepeda Fixie di Indonesia mulai merambah ke komponen premium. Sebaiknyta tidak terkejut bila melihat Crank untuk Fixie merek Gran Compe, BC harganya mencapai 2 juta. Frame LDG lebih mahal dari sepeda MTB dengan harga 6 juta. Atau Stem Fixie model TAT dengan warna chrome mencapai 900 ribu. Bahkan ban luar sepeda Fixie warna dari Gran Compe, ENE Ciclo, Open Tubuler tipe foldable harganya 400 ribu lebih.

Tentukan dari awal, apakah menginginkan sepeda Fixie biasa saja atau ingin menikmati sepeda Fixie premium. Saat ini sudah banyak toko menjual komponen sepeda Fixie. Dari kelas bawah, menengah sampai premium. Ingin sepeda Fixie boleh saja memilih tipe standar dan di berikan warna agar menarik. Ingin tampil dengan bling bling dari komponen, ada baiknya memiliki kelas komponen premium

Sebelum merancang sepeda Fixie Masterpiece anda, ada baiknya memikirkan jiwa seni anda sebelum membeli komponen. Ibarat sebuah lukisan, sepeda Fixie memiliki nilai seni dari si pemilik. Anda harus mengunakan imajinasi dalam merancang sebuah sepeda Fixie. Untuk sepeda jadi, anda bisa menambahkan komponen yang relatif berbiaya rendah. Seperti menganti warna ban yang sesuai dengan warna frame, memberikan cat pada batang frame Fixie atau mengunakan cutting sticker sehingga tampil beda.
Tetapi untuk Fixie Premium, dimana warna komponen sepeda tidak bisa dirubah kecuali mengganti komponen. Ada baiknya mempertimbangkan dahulu warna komponen apa yang akan dipakai.
Jadi pandai pandailah mengatur warna komponen yang menjadi dasar warna sepeda anda. Karena warna dasar komponen sepeda tidak semudah merubah warna frame atau menganti warna ban sepeda.

DeviantArt by jesse-k



~~~ Design Sepeda Fixie Pilihan ~~~

Lainnya..ntar di update, cari bahan dulu ah sembari duit mencari gue.

UPDATE 
27 Agustus 2015 - CopenHagen Wheel

Gue habis lihat berita tentang Copenhagen dan budaya bersepeda disana. Salut deh!
Budaya untuk bersepeda sebenarnya bisa jalan sih menurut gue, kalau tata kotanya emang maksimal, minimal akses untuk kepasar, kepusat kota, dan wilayah pendidikan cukup tertata rapi. Tapi yang pengen gue bahas disini mengenai roda yang dikembangkan oleh MIT, yaitu Copenhagen Wheel, yang membuat kita akan terbantu saat kita kesusahan memutar roda sepeda dijalan menanjak. Energi yang dipakai merupakan hasil kita gowes dan digunakan saat kita lagi susah gak bisa gowes seperti biasa.
Lihat Video Promosinya CopenHagen Wheel lewat YouTube

CopenHgen Wheel
CopenHagen Wheel ( https://superpedestrian.com/)
Harganya Roda Copenhagen $949

18 comments:

  1. nice gan,cuma ad beberapa kurang penjelasan saja

    ReplyDelete
  2. seng second piroan saiki yong?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iki sing seken opo jajal, tuku ae urong.. iki pedah pancal mas
      lek hape iku setengah e hargane wingi,

      Delete
    2. haha lha seng kok bahas fixie, lapo gowo hape barang, aku mari ngakit dewe entek 800 kelarangen ga?

      Delete
    3. est lumayan iku mas, opo neh dikekno aku wkwk
      semakin ringan ketok e tambah larang.

      Delete
  3. Ane punya sepeda tapi ga keurus gan ...
    abis baca ini jadi kepengen ngacak2 sepeda lagi :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan diacak-acak, mending dmandiin, trus dberi kasih sayang gan.. hahaha

      Delete
  4. Beli frame fixie harganya berapa skrg gan ? Frame nya aja
    Kalo ada yg jual 150 frame aja murah ga ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo seken dapet sih segitu, udah lumayan, lebihnya kan bisa buat nge cat ulang

      Delete
  5. Wah kalo di jumlah bisa habis berapa nih mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. yah relatif, pengen murah juga bisa kok, kalo ada yang jual fixie seken, itu malah bisa lebih murah lagi.

      Delete
  6. dari dulu pengen beli sepeda fixie tapi nggada waktu buat nggenjotnya-_-*soksibuk haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. the time will come to you... tiup.. fuuh fuuhh

      Delete
  7. Gan klo sepedah lama sy, awalnya kan fedral, jd velg nya ukuran brp y gan...ane rencana mau rombak sepedah fedral...tolong info..makasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. hmm.. tanyakan pada ahlinya aja di bengkel fixie pasti ketemu..

      Delete

Ketika sebuah kalimat membentuk untaian makna baru, maka sebuah simbol akan terlihat.