November 4, 2014

Lagi Demam:Clash of Clans (CoC)

Clash of Clans ( Game )
Game paling Addicted ini lagi musim-musimnya dimaenin mulai dari anak-anak sampe dewasa, bayangkan aja dulu yang suka main game Stronghold, Age of Empires, atau Civilization bisa bernostalgia disini. Bedanya kalo dulu mainnya sendirian dan menyerang komputer, disini kita bisa menyerang orang lain yang juga main game ini.

Serunya main ini terletak sama gameplay, user interface yang simpel, serta fitur clan-nya. kita bisa berperang melawan clan-clan lain diseluruh dunia. Kita dituntut untuk mengembangkan desa atau kastil yang kita miliki, mulai dari membuat pagar, pasukan, dan bangunan yang akan memperkuat pertahanan kita.

Pasukannya ada banyak yang bisa kita gunakan buat menyerang, ada : Barbarian, Archer, Goblin, Giant, Ballon, Wizard, Dragon, Pekka, Minion, Hog Raider, Valkryie, Golem.



Para pemain Clash of Clans biasa disebut Clasher.
Para pemain ini juga berkontribusi loh buat mempermudah kita merencanakan serangan buat berperang
contohnya aja http://www.clashingtools.com/

Buat para pemula yang main Clash of Clans, saran pertama saya awal-awal main jangan gunakan GEMS, why? karena gems ini lebih penting buat kamu belikan BUILDER, boleh-boleh aja sih make gems buat mempercepat kamu main dan bangun sesuatu. but, once again.. NO!
kecuali kamu niatin dari awal buat main dengan gems dan membeli gems dengan uang tidak kamu permasalahkan. Buat gue, kalo main game dengan beli gems dengan uang itu mengurangi keasyikan bermain..mungkin ini perngaruh main RPG kali yah.. hehe

Banyak kok para clasher yang memberikan tips dan triknya biar kita mainnya gak ngawur, tau mana yang dibangun duluan dan bagaimana susunan pertahanan yang kuat berdasarkan Town Hall yang kita miliki.



 CoC playerssbb : (menurut gunk_hyuga ) lebih lengkap kekaskus


1. Farmer (Farming)

Spoiler for Farmer
Farming dalam CoC diartikan sebagai mencuri Resource(gold/elixir), dengan cara mencuri dari desa lain (multiplayer). jadi tujuan utama untuk menyerang desa lawan adalah mencuri Resource sebanyak-banyaknya. dan tentunya yang pertama diarah saat menyerang adalah Storage gold/elixirnya. dan mereka tidak peduli kalau pada saat menyerang mendapatkan "defeat" yang mengurangi jumlah trophy. ya karena tujuan utamanya untuk mencari resource.

dalam penataan desanya pun hal utama yang dilindungin adalah storagenya. sedangkan townhall biasanya ditaruh dipinggir/diujung desa tanpa ada pertahanan satupun. tujuannya adalah "sengaja" agar townhall tersebut dihancurkan.karena apabila Townhall hancur. otomatis kita akan mendapatkan shield 8 jam, jadi selama 8 jam tsb kita tidak bisa diserang dan Resource pun aman daripencurian. biasanya orang yang hanya menghancurkan Townhall tsb disebut sebagai Trophy Hunter.

tetapi kalau kita menimbun Resource yang banyak, pastinya orang-orang akan mengarah Resource storagenya 


2. Trophy Hunter (Top Players)
Spoiler for Trophy Hunter
Trophy adalah jumlah point yang didapat ketika kita mengalahkan desa lawan ataupun dapat menahan serangan lawan. jadi trophy hunter adalah kebalikan dari farmer. jmereka lebih memilih meratakan desa musuh/mengarah townhallnya ketimbang mencuri resourcenya. Biasanya orang-orang seperti ini adalah orang yang ingin masuk jajaran top players. karena di coc ada sejenis rangking dari jumlah trophy yang disebut top player. untuk menjadi Trophy Hunter dibutuhkan modal dan waktu yang banyak. terutama modal, modal disini dapat diartikan sebagai Rupiah (uang asli). karena rata-rata top players itu mempunyai desa yang maksimum (semua buildingnya max level ). dan untuk mendapatkan itu semua kita membutuhkan Resource yang sangat amat banyak, dan itu semua tidak bisa didapatkan dari hanya sekedar farming. apalagi upgrade wall ampe lvl 11. jadi solusinya adalah membeli Gems dengan Real money 

nih contoh perhitungannya wall lvl 11
maksimal walls yg bisa didapatkan adalah 250 walls
dan TOTAL harga wall dari lvl 1-11 adalah : 8,821,200
jadi 8,821,200 x 250 walls = 2,205,300,000
tuh butuh skitar 2.M GOLD untuk mendapatkan 250 walls lvl 11
menurut gw hampir tidak mungkin farming sampai mendapatkan 2.2M. mengingat umur coc baru 1 tahun (kecuali lo farming 10 tahun, kyknya tuh walls bisa kebeli )

jadi cara termudah untuk mendapatkan 250 walls lvl 11 adalah dengan membeli Gems. oke kita kalkulasikan

maksimal storage 8,000,1000.
dan untuk mengisi full storage 8jt membutuh kan 2467 Gems
jadi 2,205,300,000/8,000,1000 = 276
276 x 2467 gems = 680,892 gems

maksimal kita hanya bisa membeli 14,000 gems 1x transaksi (seharga $99.99)
680,892/14,000 = 49
49x$99.99=$4.900 (kurs rupiah @11k= Rp 53.900.000)
jadi butuh duit sekitar 53JT RUPIAH hanya untuk membuat 250 walls max level 

itu baru wall aja lho, blom biaya buat bangunan lain, apalagi buat "finish now"

intinya untuk menjadi TOP PLAYERS dibutuhkan modal rupiah yang banyak 


3. Passive Player
Spoiler for Passive Player
Jenis player seperti ini biasanya player yang sudah bosan memainkan COC/terlalu sibuk untuk memainkannya atau juga yang tidak bisa nyerang desa lawan, alias kalahan terus 

cara bermainnya adalah dengan mengandalkan Resource dari Gold Mine/Ellixir Collector. mereka hanya membuka game COC untuk mengambil Resource dari mine/collector, ataupun saat builder menyelesaikan proses upgrade lalu mengupgrade bangunan lainnya.

mungkin terlihat simpel cara bermainnya, tapi cukup efektif untuk mendapatkan lvl bangunan maksimal tanpa harus mencuri dari desa lain (kecuali memaksimalkan walls)

perhitungan: misalkan TH10. mempunyai 14 Resource mine+collector. ibaratkan ke-14 tsb max lvl.
jadi 3.000 Resource/Jam
3.000x14=42.000
42.000x24jam = 1.008.000
1.008.000 Resource didapatkan per24 jam.
satu bulan bisa mendapatkan 30jt Resource secara pasif.


Spoiler for Saran dan farming
nah sekarang gw mau ngasih saran buat yg baru main 

saran ini buat player yg mau farming :
-pada saat awal bermain ada tutorial dari coc, ikutin aja tutorial sampe selesai. pake gems gpp pada saat tutorialnya
-setelah selesai tutor. langsung fokus upgrade TH sampe lvl 7
-jangan gunakan gems untuk membeli Resource atau "finish now", tabung gems untuk membeli builder ke-3 (500 gems harganya)
-kalau udah bisa rebuild clan. langsung rebuild clannya. itu sangat bermanfaat. krn kita bisa dapet troops yg lvl tinggi dari clan kita (join aja Kaskus elite)
-prioritaskan upgrade defend dan army, resource mah belakangan aja. kalau butuh gold/eli untuk upgrade, tinggal nyuri dari desa orang aja
-barrack nya lvl gak usah tinggi2, cukup sampe unlock wall breaker aja. klo butuh healer mah ntr tinggal minta ke anak2 clan.
-untuk lab prioritaskan upgrade archer-giant-wall breaker-goblin.
-klo udah nyampe TH7 langsung selesain achievment "sweet victory" yang misinya harus nyampe tropi 1250. hadiahnya 450 Gems. bisa buat beli builder ke-3 tuh.
-dan yang terakhir puas2in farmingnya diTH7, ampe semua bangunan mentok. termasuk wallsnya ampe ungu2 semua 
Selamat bermain deh!
Sukur-sukur ada yang berbaik hati ngebeliin gems. :D

Update 10 Oktober 2015:
Banyak istilah baru yang muncul kayak kombinasi Golem-Wizard-Pekka = Gowipe



2 comments:

Ketika sebuah kalimat membentuk untaian makna baru, maka sebuah simbol akan terlihat.