December 15, 2014

RapsberryPi Komputer Hemat Daya

Ini neh yang lagi ngetren, komputer super ultra kecil, murah dan hemat daya.

Ini cuma mainboard doang lho, lihat aja ukurannya cuma kayak kartu kredit, yang pasti fungsinya gak bisa buat narik duit di mesin atm lo ya..

Ide yang fantastis! Gw salut sama orang yang develop hardware ini, tujuan mereka baik banget!
coba aja baca http://elinux.org/RPi_Philosophy

bahasa inggris bukan hambatan kan? :P
malah gerbang ilmu itu sebenarnya dari bahasa.

Habis baca-baca tentang RaspberryPi ini jadi kepengen beli malah, soalnya kalo ngerjakan multitasking dalam satu komputer dan laptop kayaknya aneh juga sih.kalo pake ini sebenarnya khusus untuk menangani yang khusus aja, contohnya misalnya buat HTPC atau Mediacenter sendiri, jadi tinggal sediakan monitor aja sama HDD udah bisa dipake buat akses nonton film sama streaming kalo dicolok kabel internet. bayangkan! harganya bahkan lebih murah jatuhnya daripada pake yang langsung jadi.

Gunainya sesuai kebutuhan aja sebenernya, buat hasil yang maksimal jangan berharap lebih buat hardware ini, hasil searching HTPC aja kalo mau hasil yang maksimal butuh duit 2Juta lebih.
Ini namanya bukan murah lagi! Maksa banget.Tapi cocok sih buat dijadikan alternatif.
misalnya dipake ditempat-tempat publik, atau di warung kopi sendiri. :P
bisa dijadikan hotspot, atau streaming channel bola, kan lumayan gak bawa barang banyak.
cukup daya charger BB, udah nyala ituh boardnya, mau bikin layar tancep.
belajar dulu deh cara bikinnya,


YAP! Bakal lebih ribet kalo yang beli pengennya instan!
Sekali pencet langsung Nyala, Booting Cepet, Turunin deh ekspektasi kamu yang berlebihan.
sebelum si RaspPi-nya ngamuk.

Apapun tujuan kita buat make hardware ini, harus disesuaikan dulu sama sistemnya, misalnya OS-nya dan peralatan lain yang harus dicek dulu kompatibel atau tidak.

FYI, Udah banyak kok di luar sana yang develop project keren sampe yang aneh pake RaspberryPi ini, walaupun sebenarnya dari link yang diatas tadi tujuan mereka buat bukan buat itu. Udah pada nyebar kok tutorialnya dimana-mana, tinggal search aja di google! jangan males ya :D


Update :14 Agustus 2015
RaspberryPi sekarang malah ada yang bikin digabung jadi satu buat jadi superkomputer.
resource: Langkah untuk membuat raspberryPi Superkomputer disini

Update :23 Oktober 2015
RaspPi emang bikin mudah hal sesuatu proyek kecil-kecilan, terutama untuk hal yang dilakukan secara konstan, dan pengen ekonomis. Semua orang banyak mulai bereksperimen dengan segala kemudahan yang bisa RaspPi berikan akibat ukuran, daya dan batas kemampuannya, yang tadinya pengen eksperimen jadi bisa lebih murah lagi, prototipnya jadi gampang.

Apalagi yang punya kerjaan dengan networking dan jaringan, untuk aplikasi di penggunaan sehari-hari gue rasa tiap orang perlu banget deh, walaupun jarang banget orang bisa tahu, dan ngoprek lebih dalam, pengennya beli yang langsung bisa dipakai, padahal dengan bereksperimen dikit aja, cara pakenya dan hematnya gue rasa dapet banget.

0 comments:

Post a Comment

Ketika sebuah kalimat membentuk untaian makna baru, maka sebuah simbol akan terlihat.