February 28, 2015

Membedakan File Gambar, Audio, Video, eBook, dan Dokumen dengan Kualitas Terbaik




Berbicara soal file di komputer kita bisa dibagi begini:

1. Gambar / Foto
Dalam membedakan gambar yang berkualitas baik terletak dari resolusi yang dimiliki oleh file itu sendiri.
Singkatnya, kualitas terbaik dari resolusi gambar ataupun foto dipengaruhi oleh alat yang digunakan untuk menangkap gambar, yaitu kamera. Semakin kecil resolusi gambar ataupun foto maka ia akan semakin blur bahkan bila terlalu kecil dan ditampilkan/dicetak dengan dimensi yang tidak sesuai dengan resolusinya maka hasilnya akan terlihat pecah dan kotak-kotak. Nah, kotak-kotak inilah yang dinamakan pixel, semakin rapat dan banyak pixel maka akan semakin bagus bila ditampilkan.

Beda lagi dengan designer grafis, file yang dihasilkan menggunakan program vector drawing akan ditentukan oleh si designer, berapapun besaran pixel yang diinginkan untuk dicetak. Kalau menggunakan photoshop maka file gambar ini tidak lagi bisa di otak-atik menjadi berpixel lebih besar, karena photoshop hanya memberikan sentuhan efek untuk memperhalus bagian-bagian dalam gambar.



2. Audio
Suara yang dihasilkan oleh audio juga dipengaruhi alat penangkap suaranya, bila filenya adalah lagu maka file terbaik tentunya adalah file mentah yang berasal dari studio rekamannya, dan biasanya hasil rekaman ini tidak jauh berbeda dengan hasil kompilasi yang dijual dalam bentuk CD, tentunya yang original.

Para pecinta musik dengan kualitas tertinggi (Audiophile) ini biasanya memilih mendengarkan musik kesukaannya dalam bentuk piringan hitam (vinyl) karena memang tidak ada yang mampu mengalahkan kualitas suara yang terekam disana. Hasil Ripping CD original saja masih kalah, walaupun bedanya tidak terlalu terasa di telinga, namun kita pasti merasa ada sesuatu yang beda antara keduanya.

analog-vinyl-vs-digital-audio by http://www.audioholics.com
File Flac? ini adalah bentuk file digital terbaik saat ini, kenapa walaupun masih tetap file kompresi namun file ini mampu dibalikkan menjadi file Wav mentahnya dengan baik tanpa mengurangi kualitas, ibarat file text notepad yang dikompress dalam bentuk RAR ataupun ZIP. Tentu saja asal file Flac seharusnya datang dari file original maupun hasil RIP dari CD Audio bukan hasil dari file MP3 yang diubah menjadi FLAC.

3. Video
Mengenai file video tentu saja tidak lepas dari gambar, karena video merupakan kumpulan gambar yang disebut frame, sehingga  resolusi sangat memperngaruhinya, saat ini file terbaik berasal dari BlueRay dan HDVideo. Cara membedakan kualitas gambar, audio, dan video ini juga cukup simpel, tinggal kita lihat properties atau metadatanya dan lihat saja sizenya. Bila ingin lebih detail bisa diteliti juga mengenai Resolusi dan Bitratenya

4. eBook
Buku elektronik semakin mewabah sekarang, mengenai file buku dengan kualitas terbaik adalah file dengan tampilan layout yang persis sama dengan buku cetaknya, dalam hal ini PDF sangat mendukung Fixed Layout pada tampilan buku dan teks didalamnya, sehingga bisa dibilang file PDF adalah file yang siap untuk dicetak.

Sekarang ada bentuk file yang simpel, yaitu ePub dan Mobi yang mampu meletakkan audio dan video didalamnya yang akan membedakannya dengan format PDF, karena memang file ePub dan Mobi ini sama halnya dengan layout web yang berisi kode html dan css sehingga ukuran filenya jelas lebih kecil daripada PDF namun dengan kondisi layout yang berubah-ubah sesuai layar tidak seperti PDF yang sudah memiliki ukuran kertas yang fixed. Seiring berkembangnya ePub3 bisa menggunakan fixed layout.

0 comments:

Post a Comment

Ketika sebuah kalimat membentuk untaian makna baru, maka sebuah simbol akan terlihat.