April 13, 2015

Belajar lewat FILM? Sebuah List Rekomendasi

Watch for Answers


Siapa yang gak seneng nonton Film?
Banyak banget film yang mau ditonton, mau bagus atau tidaknya adalah selera masing-masing.
Ada banyak orang yang suka film komedi, karena bisa membuat kita tertawa. Ada pula yang hanya menonton film laga alias baku hantam! Action coy!

Film yang bisa menghibur gue dikala sedih?
Film apa sih yang kira-kira bikin penasaran?
Film yang bisa bikin kita jadi berpikir kritis?
Film apa yang bahkan mengubah hidup kita?
Film... Film.. Film..

Potongan adegan yang diperankan oleh aktor dan aktris yang disatukan lewat sebuah cerita berlatarkan sebuah tampilan dunia. Kalo kata gue itu film!

Lewat film banyak hal yang bisa kita nikmatin, kita ambil sisi positifnya aja. Pandangan kita tentang FILM boleh berbeda tapi jangan sampai kita berdebat hanya untuk menentukan film siapa yang paling bagus, dan film apa yang paling menghibur.

Cukup Nikmati dan Berpikir, Apa yang kamu dapatkan setelah menonton Film itu?
Apakah cuma sebagai hiburan sekedar lewat?

--------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Rekomendasi FILM
ANTI MAINSTREAM
(urutan nomor bukan sebuah penilaian bagus atau tidaknya film)


  1. PK (2014) (info) Sebuah kisah tentang alien dari planet lain yang sedang nyasar ke Bumi dan kehilangan sebuah alat miliknya yang berfungsi untuk pulang ke planetnya lagi. Saat mencoba berbaur dengan manusia, tingkahnya seperti anak kecil, mencoba beradaptasi dengan kehidupan manusia, dia belajar dan menjawab pertanyaan-pertanyaan untuk dirinya sendiri, hingga pada akhirnya pertanyaan dari dalam dirinya terus bertambah, ia semakin penasaran tentang Tuhan, karena ia yakin bahwa Tuhanlah yang mampu membantunya menemukan alatnya untuk pulang ke planet tempat tinggalnya semula. Ia mengajarkan kita untuk berpikir. mengajarkan kita tentang hal kecil yang kita lupakan! (Kritik untuk film PK ini)
  2. Ida (2013) (info): Search for identity!
  3. How Old Are You? (2014) (info): Woman in the centre!
  4. Tabarana Kathe (1986) (info): Journey of pain!
  5. Finding Fanny (2014) (info): Journey within
  6. The World Before Her (2012) (info): The fanatic and the modern of it!
  7. Mala Aai Vahhaychy! (2010) (info) : The problem of surrogacy!
  8. The Son (2002) (info): In the eyes of a forgiving father
  9. God on Trial (2008) (info): Putting God to ‘test’
  10. Khaddama (2011) (info): The broken maid
  11. Blue Jasmine (2013) (info): The tale of a woman!
  12. Shahid (2012) (info): Martyr for justice
  13. Fandry (2013) (info): Chasing elusive birds!
  14. Shattered Glass (2003) (info): Made-up facts!
  15. The Book Thief (2013) (info): Words are life!
  16. 12 Years A Slave (2013) (info): Value of freedom
  17. Gravity (2013) (info): A journey into spaces!
  18. A Dark Truth (2012) (info): Fighting tyranny of privatisation!
  19. Lucia (2013) (info): The world of actual dreams!!
  20. Fahrenheit 451 (1966) (info): Fear of books!
  21. Wadjda (2012) (info): The little rebel!
  22. The Past (2013) (info): Struggle to pass over
  23. The Lunchbox (2013) (info): Striking a chord through dabba!
  24. The Accused (1988) (info: Victim is the accused!
  25. The Bang Bang Club (2010) (info): Duty vs humanity
  26. Guzaarish (2010) (info): Seeking right to die!
  27. Pentagon Papers (2003) (info: Source that cares
  28. The Boy in the Striped Pyjamas (2008) (info): Cruelty and irony of war
  29. The Song of Sparrows (2008) (info: Honesty pays!
  30. Patch Adams (1998) (info: Healing more important than cure
  31. Bharath Stores (2012) (info: Swept by market economy!
  32. The Damned Rain / Gabhricha Paus (2009) (info: Ode to the allusive rain that kills
  33. OMG (2012) (info): Waging war against God!
  34. The Father / Pedar (1996) (info): 'killing' a step parent!
  35. Amour (2012) (info: True meaning of love!
  36. Life of Pi (2012) (info: Living with beast!
  37. English Vinglish (2012) (info: Self empowerment of woman
  38. August Rush (2007) (info: Finding music all around
  39. Wag the Dog (1997) (info: A Parody of games politicians play
  40. Tsotsi (2005) (info: Loss of childhood
  41. Akeelah and the Bee (2006) (info): Making the most of life and spellings
  42. Sophie Scholl (2005) (info): Paying price for fighting 'war'
  43. 22 Female Kottayam (2012) (info): Fighting the 'man'
  44. Peaceful Warrior (2006) (info: Making journey itself the destination
  45. Cairo 678 (2010) (info: Fighting sexual harassment
  46. Eega (2012) (info): Celebrating filmic possibilities
  47. Shala (2011) (info: Going back to school
  48. Sarah’s Key (2010) (info: Lessons from history
  49. My Sassy Girl (2001) (info: Microcosm of Korean film revolution
  50. Beru (2005) (info: Exposing roots of administrative dysfunction
  51. The Lives of Others (2006) (info): Homage to voices of defiance
  52. The Lady (2011) (info: Depicting determined struggle
  53. Stoning of Soraya M (2008) (info): subjugation of feminine
  54. Kahaani (2012) (info: A story that wasn’t
  55. The Chorus (2004) (info) : education through music
  56. The Temple / Deool (2011) (info) : depicting struggle between religion and life
  57. Captain Abu Raed (2008) (info) : seeking goodness in all
  58. A Separation (2011) (info) : visuals speak more than words!
  59. The Birds (1963) (info) : a caging experience
  60. The Artist (2011) (info) : back to the origins
  61. Freedom Writers (2007) (info) : How Teacher inspires at-Risk Student


Catatan basi:
Semua film diatas akan ada reviewnya kalo udah ditonton sama gue!
So List Rekomendasi sesuai judulnya mungkin kurang pas!
Jadi Kalo ada yang udah nonton filmnya silahkan kasih komentar kalian tentang film tersebut.
Buatlah komentar jujur tentang apa yang kamu rasakan saat menonton!

I'm waiting patiently! :D
and this is bonus for you check it out (Movies that can teach you a lot about film language: use of camera, mise en scene, editing)

gak ada salahnya juga lo ngecek rekomendasi filmnya blogger (baca: wordpresser hihih) lain
Daftar FILM Bagus dan Keren versinya si fachrirezakusuma

0 comments:

Post a Comment

Ketika sebuah kalimat membentuk untaian makna baru, maka sebuah simbol akan terlihat.