August 23, 2015

Filosofi : Catur, Permainan yang Berharga

catur
Catur
Catur? Salah satu permainan yang gue suka, setelah gue cari informasinya, catur ini awalnya dimainkan berempat di India. Sebutan catur itu sendiri berasal dari bahasa sansekerta "chatur rangga" yang artinya empat. Kok gue serasa kembali baca buku sejarah yah! Tapi permainan catur yang sekarang udah berdua aja. Permainan catur ini kompetisi yang adil, dan mencerminkan sikap seorang pemimpin yang harus memiliki jiwa keadilan yang tinggi, tetap sportif dengan segala keterbatasan yang dimiliki.


filosofi catur
Ada bidak yang hitam dan ada yang putih, kalo dihubungkan sama kehidupan, setiap manusia memiliki dua sisi, baik dan buruk.
Antagonis dan Protagonis?

Raja yang dilindungin ini cuma ada satu dilindungi oleh Ratu, 2 Benteng, 2 Kuda, 2 Menteri (Peluncur), dan 8 Pion.






GAME > RULES
Catur adalah permainan yang sarat dengan aturan! Disini peraturan dibuat agar tidak ada tindakan yang seenaknya saja. Aturannya jelas mengikat, sesuai dengan makna dan arti kompetisi, aturan mainnya jelas, mengikat, adil dan ketat untuk semua pemain. kalo gak mau ikut aturan yaudah gak usah main. rebes!

PLAYER IS NUMBER ONE
Bagaimanapun bentuk caturnya, mau dari emas, kristal, dan sebagainya bakal gak guna kalo pemainnya aja gak taat sama aturannya sendiri.

"Pemenang adalah pemain yang memiliki strategi dahsyat dan taat sama aturan."

Chess in your LIFE?


1. Jangan meremehkan orang lain walaupun orang tersebut kelihatan tidak berarti.

Jangan meremehkan pion, ketika ia telah melewati berbagai rintangan hingga ujung papan, ia bisa menjadi lebih kuat seperti benteng/ratu. Walaupun ia kecil jika ia berusaha dan kuat menghadapi cobaan hingga akhir maka ia akan menjadi sesuatu yang besar.

Bayangkan saja diri kita sebagai pion untuk menuju tujuan hidup kita dimasa depan. Pion adalah prajurit garis depan yang melaju sekotak-demi sekotak, seiring dengan berjalannya waktu kita bukanlah lagi menjadi seorang prajurit, mungkin saja kita sudah menjadi menteri/ratu.


2. Dalam catur, posisi 'SKAK' (baca:check) adalah posisi dimana kita terancam, terjepit untuk melangkah, diperlukan strategi dan keputusan yang jitu untuk tetap bisa melanjutkan permainan dan bahkan membalikkan keadaan. Dalam kehidupan kita dihadapkan pada pilihan yang membuat kita terkadang merasa dalam keadaan terjepit, untuk itulah dibutuhkan sebuah kejelian untuk mengubah kesulitan menjadi sebuah keuntungan untuk melewati masa-masa sulit agar langkah kita selanjutnya menjadi lancar.

3. Dalam catur, terkadang kita rela mengorbankan BIDAK yang kita miliki. Tentu saja berkorban untuk mendapatkan sesuatu yang lebih besar. Jangan sampai mengorbankan sesuatu namun malah mendapatkan hasil yang lebih kecil dari apa yang kita korbankan. Tentu saja dengan perhitungan yang matang sehingga tidak asal berkorban.

4. Mengalahkan, Membuat raja tidak dapat bergerak (baca: "checkmate") itulah tujuan permainannya. Strategi dan langkah yang tepat dan penuh pertimbangan. Intinya, saat kita berpikir untuk melangkah, pikirkanlah langkah selanjutnya juga.  Apa yang kita lakukan hari ini akan sangat berpengaruh untuk masa depan.

5. Skakmat adalah kekalahan,  tapi kita tidak boleh menyerah begitu saja, berusaha untuk memperbaiki diri sendiri, dan kesalahan yang kita buat sebagai bekal untuk kemenangan. Begitu juga dalam hidup, kita menghadapi namanya kegagalan, pilihannya hanya dua, terus menghadapi kegagalan dan bangkit membawa kegagalan sebagai pelajaran dan pengalaman, atau meratapi kekalahan dan menyerah?

6. Semua elemen dalam permainan catur adalah satu kesatuan , dimana posisi yang satu dan lainnya memiliki fungsi dan ikatan yang kuat yang saling membutuhkan. Mungkin mereka juga layaknya manusia, yang disebut makhluk sosial.

7. Dalam Catur tercermin kepribadian sesorang, bagaimana langkah yang diambilnya. Apakah cenderung menyerang namun beresiko dikalahkan, atau bertahan untuk menunggu situasii yang tepat, atau dinamis antara serangan dan bertahan sesuai keadaan jika diperlukan?
Jika permainan terus saja bertahan dan pasif maka karakter pemainnya bisa dikatakan tenang dan cenderung mengikuti arus dan menerima apa saja yang diberikan kepadanya.
Jika ia terus menyerang, ia berkepribadian dinamis, kreatif dan penuh perjuangan. Sedikit saja perbedaannya dengan asal main, yaitu cepat bertindak tanpa perhitungan dan resiko yang besar didepan mata, walaupun dinamis dan kreatif tetapi tetap saja waspada dan menghitung langkah dengan matang. Berani berkreasi dan aktif dalam membuat terobosan, tetapi juga berhati-hati dalam menguki inisiatif tersebut.

8. Kuda merupakan elemen unik yang ada dalam catur, karena langkahnya yang mampu meloncati bidak lain dengan melangkah seperti huruf "L". Kemampuannya sehebat Ratu, kekuatan yang terbatas itu seakan diimbangi dengan kelebihan yang sepadan yang tidak dimiliki oleh bidak lainnya.
Kuda seakan berteriak agar kita tidak harus menjadi seorang yang hebat, tapi jadilah orang yang spesial dan unik.

9. Kenapa Raja yang kita lindungi itu lebih lemah daripada bidak lainnya?
Gue rasa rajanya udah tua dan gak kuat untuk melangkah lagi. Hebatnya walaupun langkahnya cuma satu ia bisa bergerak ke segala arah. Tapi buat apa melindungi yang lemah? Seperti dalam hidup kita aja, pasti ada sebuah alasan dan tujuan penting yang kita lindungi, kita perjuangkan walaupun kekuatan dan kekuasaan tidak berada dipihak kita. Karena tanpa adanya hal penting yang kita lindungi untuk menjaid tujuan dan alasan kita berjuang maka sia-sia saja, kita sudah kalah dari awal.
Coba aja main gak pake raja? apa bisa disebut catur?




3 comments:

  1. filosofi hidup yang keren gan, tapi ane suka dengan bidak pion, apapun rintangan harus tetap optimis, satu lagi gan pion merupakan satu-satunya bidak yang gak mundur, kalau dibilang berani mati demi tujuan hidupnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah itu dia, si pion gak bakal bisa sukses maju tanpa ada bantuan dibelakangnya atau sisi kanan kirinya. intinya kalo mau terus maju, pion gak bisa sendirian harus barengan.

      Delete
  2. Saya tertarik dengan tulisan anda mengenai catur dan peluang. permainan catur merupakan suatu game yang sangat bagus dan interaktif untuk dipelajari untuk memenuhi kebutuhan pangan dalam kehidupan sehari-hari terutama anak-anak muda. Saya memiliki beberapa tulisan sejenis mengenai permainan catur yang dapat dilihat di Catur

    ReplyDelete

Ketika sebuah kalimat membentuk untaian makna baru, maka sebuah simbol akan terlihat.