August 17, 2015

Indonesia, 70 Tahun Merdeka!


Tidak terasa 70 tahun sudah merdeka, perayaan mengingat hari 17 Agustus 1945 dilaksanakan di seluruh Indonesia.

sebelumnya gue pengen posting panjang-panjang banget! mau bahasin tentang hal yang banyak melenceng maknanya dari kemerdekaan dan demokrasi. next edit deh!

Indonesia, MERDEKA!

Sedikit pertanyaan, boleh dijawab dan renungkan sejenak, agar kita tidak sekedar merayakan.

Kalo pengen jawab, tolong jawabnya serius, karena Indonesia bukan buat becandaan!


Apa yang membuatmu bangga menjadi penduduk Indonesia ?

Apa yang sudah kau berikan kepada Indonesia sampai hari ini ?

Ingatkah kamu mengapa Indonesia harus MERDEKA ?

Sudahkah kamu merasa Indonesia sekarang benar-benar MERDEKA ?

Seperti apakah Indonesia yang ada dipikiran kamu sekarang?

Nasionalisme menurut kamu?

Demokrasi menurut kamu?

Masihkah kau ingat Pancasila, UUD1945? 


16 comments:

  1. Aku lahir di bumi Indonesia ini dan aku bangga jadi bagian dari Indonesia yang kaya akan apapun, bahasa, suku, adat budaya namun semuanya mengakui perbedaan itu tapi tetap merasa kami ini Indonesia.

    Kalau dibilang sudah merdeka belum? Emang secara penjajahan fisik sudah tidak tapi secara moral dan lainnya kita masih terjajah, sepertinya begitu.

    Tapi apapun makna kemerdekaan di benak orang, Indonesia memang sudah merdeka secara umurnya.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. dijajah secara moral? sungguh TER LA LU ! :P

      Delete
  2. banggga jadi orang indonesia karena lucu dan kreatif...namun sedih juga jadi orang indonesia, karena hak kemerdekaan kita secara perlahan direnggut oleh anak negeri sendiri yang mengatasnamakan pajabat yang terhormat....

    ReplyDelete
    Replies
    1. tiap negara sepertinya juga merasakan hal yang sama, yang membedakannya yaa, tindak lanjutnya itu.

      Delete
  3. Sepertinya Indonesia masih belum merdeka

    ReplyDelete
  4. Aku bangga jd anak Indonesia karna Indonesia kaya akan budaya dan juga alamnya. Smga anak2 bangsa bsa trs melestarikan budaya Indonesia, dan jg bsa mengelola alamnya juga.
    Semoga Indonesia makin maju kedepannya :D

    ReplyDelete
  5. Dirgahayu Kemerdekaan RI, semoga tetap jaya di udara

    ReplyDelete
  6. Aku bangga menjadi bangsa Indonesia karena aku tinggal di daerah pedesaan yg alamnya sejuk, dan banyak sekali budayanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. desanya dmana, boleh dong mampir.. hehe

      Delete
  7. Aku bangga pada Indonesia karena cuman di indonesia kemanapun kamu pergi kamu tetap akan melihat senyum sapa warga di berbagai daerah. Indonesia negara yang murah senyum

    ReplyDelete

Ketika sebuah kalimat membentuk untaian makna baru, maka sebuah simbol akan terlihat.