August 7, 2015

[Real Story] Blogger Ikut-Ikutan



Pengalaman? Aktivitas yang memberikan kita kemudahan dalam melakukan hal yang sama, sehingga orang yang mengulang-ulang hal tersebut biasanya berpengalaman.  Ngomong-Ngomong Gue lupa pernah atau enggak ngeposting tentang kenapa gue ngeblog sampe sekarang. Lanjut aja deh, dobel gapapa deh!

Awal gue ngeblog? Dulu banget waktu gue 7 tahun yang lalu, gue tertarik sama dunia dan aktivitas dunia maya ini. Gue sering banget mendapatkan apa yang gue perlukan saat itu hanya dengan ketikan kata-kunci dan muncul-lah para blogger ceria yang senang berbagi.

Gue banyak belajar dari postingan para blogger, hingga akhirnya gue bikin blog gue diplatform blogger ini. Tulisan gue lo bisa liat sendiri hasilnya kek gimana. Ada juga guru fisika gue yang sampe sekarang masih getol banget ngeblog. gue juga banyak belajar dari beliau.

Kalo ditanya sejarah nama blog gue, ya itu nama gue doang. gak lebih! Masalah berpengaruh sama SEO atau enggak, disukain sama yang baca juga gue gak peduli. Banyak yang bilang konten, alias tulisan itu yang nomer satu. Tapi lo liat sendiri tulisan gue..Oo

Gue gak rajin-rajin banget bikin postingan, bisa dibilang angin-anginan sih. Tapi yang gue rajin betul saat ngeblog itu bukan ngejer postingan, gue malah belajar ganti-ganti template doang. Kayaknya gue lebih suka ngedesain tampilannya daripada isinya. Jujur, blog ini isinya paling original daripada blog-blog gue yang lainnya. Blog ini dulunya gue buat dan gue telantarkan gitu aja. Gue ngurus blog gue yang isinya download film-film bajakan, yang linknya comot dari filesharing hasil upload orang laen. Blog bajakan itu dulunya sampe mencapai page rank 3. Sungguh suatu pencapaian besar! Gue pernah merasakan rasanya punya pengunjung ribuan, alexa yang ramping, trus Google Adsense yang mengalir, dan akhirnya di banned. Sesudah itu gue melepaskan dunia blogger untuk sementara bukan untuk selamanya.

Itu dulu yah, sekarang gue udah insyaf, gue lebih suka tulisan gue berasal dari jerih payah gue sendiri. Hikmahnya, gue bisa pamer blog gue ke temen-temen gue. HAHA!

Blog ini satu-satunya blog yang gue urus sekarang dan gue fokuskan untuk menceritakan pengalaman-pengalaman gue. Akunnya Google Adsensenya juga udah keblokir gara-gara coba-coba waktu dulu. Halangan yang paling mendasar sih sebenernya ada dalam diri gue sendiri, yang kadang suka males-malesan buat bikin postingan,. Hasilnya, cuma mentok di buku agenda gue doang, gak kepublish. Selain itu gue juga gak tiap hari dan seharian konek sama internet, jadi ya kapan ide datang ke gue, gue tulis dulu dan gue publish jikalau ada waktu dan keadaan yang tepat.

Gue sih dengan ngelihat blog gue aja udah bahagia, apalagi ada yang komentar, ada yang nyela, caci maki, memuji, ngolok, tambah seneng deh. Ada saat paling bahagia dalam hidup gue ketika ngeblog adalah saat gue berhasil memasang dan memodifikasi template blogger. haaha

Blog ini juga awalnya muncul akbiat rasa penasaran gue yang pengen mendaptkan keuntungan dari aktivitas blogging. Bantak gue baca blog para blogger yang sukses, dan kebanyakan gak terkenal dan bukti mengenai keuntungan yang mereka peroleh itu nyata adanya. Jadi gue perlahan-lahan mengorek rahasia  bagaimana cara kerja mereka menghasilkan uang dari sebuah blog, sampailah juga gue pada forum ads-id, gue banyak belajar dari sana juga.
Semakin gue belajar, mengamati dan sembari mencoba sana-sini tentang apa yang mereka kerjakan. Gue menjadi lebih sadar, bahwa untuk menjadi sukses dalam menjadi blogger itu tidak mudah. BENAR, itu bukan kayak balik telapak tangan.

Ini sedikit fakta yang gue peroleh :

1. Blog yang mereka jalankan adalah blog yang memang membahas hal yang spesifik dan unik. contohnya jika mereka membahas tentang tutorial blogger, maka isinya tidak jauh dari aktivitas blogging dan kustomisasi tampilan.

2. Artikel yang dibuat merupakan artikel yang original,, yang mereka tulis sendiri. bukan aktivitas kopas, walaupun ada juga yang kopas, tapi pinter sih, dijelasin ulang aja pake gaya bahasa sendiri (baca:copywriting) Menyalin juga ada ilmunya loh, bahkan ada buku yang bilang bahwa di dunia ini tidak ada yang seratus persen original, jadi hasil gabungan dari berbagai ide dan gagasan.

3. Kata kunci atau keyword adalah hal utama yang mereka tentukan untuk menarik pengunjung yang akan digunakan sebagai target. Targetnya bukan juga sembarang target, posting yang spesifik membawa pengunjung yang spesifik pula, dikuatkan dengan kata kunci yang tepat. Kata kunci ini biasanya sih umum. Kata kunci inilah yang biasanya merupakan target persaingan dengan situs dan blog lainnya. Kata kunci yang unik tentu saja memiliki tantangan tersendiri, sehingga situs/blog dengan topik yang sama saling bersaing untuk muncul di halaman depan mesin pencari dengan kata kunci yang sama. Inilah yang mendorong mereka untuk memahami cara mesin pencari seperti Google, Bing, dll bekerja. Kata kunci yang umum akan menambah banyaknya pesaing dan akan sangat mustahil untuk dimenangkan.  Kata kunci yang tidak umum masih bisa diraih, namun tentu saja pengunjungnya akan sedikit, tapi bila kata kunci yang kita terapkan ada banyak, maka pengunjung yang sedikit tadi akan bertambah berkali-kali lipat.

4. Transformasi pengunjung untuk menjadi penghasil uang? Pengunjung dijadikan seorang pembeli dan sarana promosi, dan ini adalah hal yang rumit, bahkan gue susah untuk jelasin. Pengujung yang merasa blog mereka berkualitas dari segi topik, artikel dan tampilan akan tidak segan untuk melakukan sesuatu yang dibilang pemilik blog, karena mereka sudah percaya. Reputasi inilah biasanya yang menjadi titik paling krusial. Bisa saja malah pengunjung membagikan dan mempromosikan blog kita keorang-orang terdekat mereka, sekedar share ke sosial media mereka akan membuat blog kita menjadi lebih baik dimata search engine.

Pemanfaatan pengunjung? Hal yang kita peroleh gratis, belum tentu benar-benar gratis. Ada maksud dan tujuan terselubung didalamnya. Pengunjung yang lugu dan tidak paham bagaimana internet bekerja hanya akan terjerumus dengan iklan.

Semua hal diatas emang keliatan rumit!
yang penting
1. ARTIKEL MENARIK
2. REPUTASI
3. BICARA FAKTA

Artikel yang menarik adalah sebuah konten yang akan menerbangkan kita menuju sebuah kesuksesan, reputasi disini adalah apa yang kamu kerjakan benar-benar ahli dimata pembaca. dan biasanya fakta dan kejadian yang menarik adalah daya tarik utama.





8 comments:

  1. Replies
    1. banyak lah, sampe kalo dsebutin bisa tebel kayak skripsi. tp ya rata rata action semua

      Delete
  2. Wah ternyata sepuh nih dalam dunia bloggersampe bisa keterima adsense

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, saya masi belajar mas, bukan sepuh..
      kalo cuma diterima adsensenya kan sekarang semua juga bisa.
      tinggal buat akun youtube, bikin video aja original, trus monetize.
      jadi deh..

      Delete

Ketika sebuah kalimat membentuk untaian makna baru, maka sebuah simbol akan terlihat.