September 28, 2015

Tiada kata Kosong!


Beberapa hari ini gue lagi nulis banyaaak banget, sampe pulpen gue habis. Akhirnya gue cuma buang-buang tinta pulpen, pas gue lihat lagi apa yang gue tulis, gue cuma melihat kertas kosong yang masih putih, kemana tulisan gue?

Kemana?

Gue puter itu tutup pulpen, gue lihat isi tintanya. yah habis!

Btw, belum lama ini gue gak bikin postingan baru, rasanya gatel banget! tapi boro-boro gue langsung niat bikin postingan blog baru, gue malah buka corel trus tracing-tracing foto gue, udah lama gak bikin sesuatu di corel. Gak langsung jadi sih, gue ngalamin "not responding" windows, trus udah capek-capek hampir selese, eh gak kesave. gak gue terusin duaharian. bete! setelah itu gue mulai terusin lagi, dan gue save secara berkala. Itu salah satu alasan gue pindah ke fedora. Tetep aja gue masih make corel, helloo~ iyaa gue mulai belajar inkscape ntar. Hasilnya gue bisa bikin header baru, rasanya kalo bikinan sendiri itu emang beda.

Trus juga gue browsing-browsing, ketemu duolingo, itu situs dan aplikasinya emang ajaib banget. Gue acungin jempol buat design interface sama experience-nya. Belajar bahasa disitu kayak main game. Gue ngerasa fun! walaupun waktu gue disuruh nge artikan sesuatu, udah gue rasa bener, tetep aja gue salah. menurut gue mengartikan sesuatu dalam bahasa lain itu yang penting inti dari sebuah kalimatnya gue ngerti. tapi kalo diartikan satu-satu. gue jadi males buka kamus! coba ada kamusnya disampingnya kan enak!

Gue juga masih berusaha ngebikin template blog sendiri, tapi malah ujung-ujungnya cuma cari tutorial, trus cari fitur-fitur yang dipengenin, dan setelah itu malah jadi keterusan koleksi tutorial! gara-gara kebanyakan cari bahan kayak gini nih yang bikin gak jadi-jadi. padahal gue cuma pengen bikinnya simpel, dan dibuka di mobile itu jadi keren dan menunya dukung sama touchscreen! Udah sih gue buat baru sampe tag doang yang lengkap :)). trus framework CSS-nya juga masih milih-milihin, sampe font juga gue turutin tuh bedain font judul sama font isi. Modal gue cuma ke situs builtwith, whatfont (ekstension chrome buat liat font), sama inspect element buat ngintipin kode situs orang! siapa tau bisa di tiru dan dimodif dikit! ssstt! Banyak sih yang gue temukan, mulai dari cara nulis css yang bener (pilih pake LESS or SASS, mayoritas artikel malah nyuruh SASS+Grunt), Gue gak ngerti itu apaan awalnya, trus bootstrap, framework yang menerapkan prinsip "mobile-first".
Tuh kan gue dari kemaren cuma omong doang, gak selesai-selesai bikinnya. Yang bikin gue bingung itu malah platform bloggernya, tag kondisionalnya, dan sistem widgetnya. enakan juga pake wordpress, mau dites offline juga bisa pake Xampp, Blogspot? Biarpun kita udah beli template paling oke trus dipake diblog juga ternyata framework shortcodenya juga banyak yang diproteksi! gue taunya habis nyari template bajakan buat gue bedah isinya! haha

Ehm, terakhir, postingan gak jelas ini gausah dibawa serius deh! haha
semoga aja gue kelar bacain the firm-nya john grisham, biar bisa gue review dikit jadi postingan!
enak kan, udah dapet hiburan bacaan! bisa jadi postingan! hahah


Terakhir saran gue! Jangan terlalu banyak makan pedes-pedes! apalagi cap setan atau iblis.
sekian!







14 comments:

  1. Emmh..Sebenernyaa...sebenernyaaa... Gue malah gak ngerti apa yg lg lu omongin. Bnyak istilah yg gak gue tau, terutama tentang design2an gtu..... Nyerah deh.. Gak ngerti :'D

    Btw, dualingo itu app di andro bkan?? Hoho..

    ReplyDelete
    Replies
    1. edisi runyam! wkwk

      di andro jg ada appnya, tapi klo mau lewat webnya juga bisa kok.
      lumayan sih bisa ngingetin gue aturan bahasa inggris, tp terjemahannya kaku banget masih menurut gue..

      contoh ni ya, vegetarian gue terjemahin jadi pemakan sayuran aja disalahin. wkwkkwk

      Delete
    2. Eehhh gue udah donlot duolingo nya donnggg!! Temenan dongg..

      Seru bet kyak maen game!! Hahaa.. Asik banget.. Gue salah mulu di bagian listeningnya tuh, wakakak.
      Ohh, trjemahannya masih kaku ya? Haha..Tp seenggaknya kalimat bhs inggrisnya gak separah gugel translate.

      Delete
    3. Sejauh ini belum ada masalah si sama listening ataupun speakingnya,


      menurut gue sih masih kaku aja, gue gak nyalahin translet-nya karena emang terlalu sempurna transletnya...
      yang penting gue bisa protes lah kalo gue disalahin, atau gue punya pendapat lain tentang apa yang gue artikan.


      btw, kok lu cepet banget udah level 6, lu ngecheat yah pake lingot! :)) punya gue aja gue mau koleksi itu lingot haha

      Delete
    4. Listeningnya cakep, kalo sering2 dgrin bsa trbiasa. Huehee.

      Protes ajaa kalo disalahin! Haha
      Gue rasa kalo duolingi itu adalah orang, pasti lu bedua bisa adu pendapat terus deh. Dan bisa gue pastikan nilai lu bakal jeblok #halah

      Eh ga tau deh tuh?? Orang gue gak ngerti. Asal mencet2 aja. Gue lupa td pas prtama kali maen pake test yg mana. Yg psti gue males dari dasar, bosen *yailah sok banget yak gue, wkwk* *minta digaplok* Lingot aja gue baru dapet atu doang :'D

      Delete
    5. next levelnya kamu dengerin audiobook lu', gue bakal jamin kuping lo ntar demo minta lepas dari kepala lo..wkwkwk.

      bukannya emang orang lu', kan yang buat emang orang, trus diskusi masalah juga sama orang, gimana sih lu'..

      gue mulai dari dasar banget kemaren, jadi gue bosen, mau gue tingkatin loncat tes tapi ya gitu gue udah janji sama diri sendiri kalo belajar apa-apa biarpun udah bisa tetep dari dasar, tapi kalo disuruh belajar matematika gue ogah dari dasar. wkwk 1+1=..

      Lingotnya disimpen lu', dijaga, dirawat, di elus-elus.. siapa tau ntar menetas jadi banyak.. ya kan? -_-"

      Delete
    6. Oh iya gue baru inget, pas prtma daftar kyak dikasih test kemampuan gtu, ya udh gue coba aja. Pas gue coba trs dpt nilai 6. Ehh setelah gue ngeh trnyata lgsg loncat ke Pekerjaan. Jd bgtulah crtnya. Hoho. Tp gue ngulang lg dri yg preposisi, kata sambung, kata gnti, dll.

      Audiobook, ntar dehh, gue selesain yg pekerjaan, sampe ke next level
      Hebat2, ngulang dri dasar lagi. Huehe. Matematika kalo cuma 1+1 gue malah mau. Blm susah soalnya. Wakakak

      Ehiyaj, maksud gue kan itu aplikasi, bkan org scra lgsg gtuu.. Ya biarpun emg orang yg bkin tuh aplikasi sih..

      Lingot itu smacam duit? Gue pgn ganti pake baju olahraga :3
      Oh ya lu mainnya dri kapan? udh sampe mana??
      Yak, komen ini penuh dgn pembahasan Duolingo jadinya ya? Wkwk

      Delete
    7. Ohh pantesann...
      Gue juga masih awal-awal lu', km liat aja di profile gue disana lebih jelas kan, udah gue anggurin seminggu kayaknya, soalnya diskonek mulu tempat gue pas makenya.

      Lingotnya juga belum tau juga mau diapain, itu cuman buat ngejaga aja biar latiannya gak berkurang kalo gak dibuka besok atau seminggu kedepan deh kayaknya. trus runtunan juga masih bisa diterusin.

      ini gara-gara lo, bahasannya jadi gini.. whahaha

      Delete
  2. Ini komen banyak cuma diidi 2 orang doang, haha XD

    Itu banyak isitlah asing, terus baca aplikasi duolingo jadi penasaran juga *brb download*

    Niat banget ih sampai pingin bikin template blog sendiri, yang gratis masih banyak bang :p
    Eh emang pakai aplikasi apa kalo mau bikin template gitu? pakai Dreamweaver?

    ReplyDelete
    Replies
    1. disitu juga gue merasa heran! :) gue sih seneng-seneng aja, jarang-jarang emang ada yang mau follow up komentar. paling juga habis komentar satu trus ngilang.

      add gueee.. haha

      yah, seperti postingan gue sebelum-sebelumnya. kebanyakan gue niat ngeblog dulunya emang pengen ngebagusin template blog doang. ngaruh banget soalnya sama tulisan gue. semakin bagus templatenya gue jadi termotivasi bikin postingan baru. wkwk

      ehm, gue gak make aplikasi macem dreamweaver sih, gue gak ngerti makenya.
      sekarang masih pake notepad++ sama brackets doang. template gratisan gak boleh di lepas credits bawahnya masalahnya, gue pengen dari dulu nempelin dibawah situ "made with ❤ by yonk".

      Delete
    2. Jarang sih, aku juga kayak gitu.

      Pingin sih tapi kuota gak mencukupi, dan memorinya gak cukup nih.

      Lah kalo template bagus tapi gak ada isinya kan percuma juga bang. Ya udah deh kalo termotivasi bikin tulisan ya gak papa.
      Semoga kesampaian deh bikin template barunya.

      Delete
    3. yups! okelahh

      yah, duolingo 8mb belum dimaininnya yah, cepet tuh habis kuota. wah wah

      rasanya gue ada bikin artikel tentang "visual pengaruh gak ke mood", coba deh lu baca. jadi hubungannya sama tampilan blog kira-kira masuk deh itu,

      Delete
  3. Kalo pake platform blogspot rada ribet menurut gue kalo buat otak-atik. Karena semuanya nyatu di dalam. Mulai dari Head, Body, Comment, Footer, CSS, Sidebar, single post, search form/search result, tag, archive. Ribet gitu kalo mau nyelem dari sekian banyaknya kode yang di letak dalam satu tempat.

    Kalo di wordpress sih ada tempatnya masing-masing. Di pisah gitu. Jadi kalo mau ngeditnya enak. Kalo untuk CSS sudah ada tempatnya sendiri. Head sudah ada tempatnya sendiri. Tapi kalo untuk template bikinan sendiri (dibikin dari 0 bukan dari redesign), gue rasa nggak akan ada masalah karena toh yang bikin kita sendiri kan. Tentu tau apa saja yang ada di dalamnya heheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. yaa, tergantung sih,
      kalo mau dipisahin juga bisa, CSS-nya dibagi-bagi perdesign page, trus ditaroh di luar blog, masalah kode HTML-nya sih masih didalam aja, kalo jJavascriptnya kan juga dipisahin per-fungsi, trus ditaroh diluar. daripada gue belajar PHP lagi, gue kan bukan jurusan IT. Sebenernya daripada make wordpress banyak yang rekomendasikan GHOST dan kalo lo jago bisa pake JEKYLL, Dan yang bikin malesin waktu pake wordpress itu adalah hosting, biarpun banyak hosting murah, entah kenapa gue juga gak pengen kena masalah sama bandwith habis, limit exceeded, dll.
      Diluar itu semua wordpress emang masih powerfull, apalagi dukungan plugin-pluginnya yang macem-macem itu.

      Delete

Ketika sebuah kalimat membentuk untaian makna baru, maka sebuah simbol akan terlihat.