October 8, 2015

Kopi dan Rokok Punya Cerita

foto by : desabebel
Upss! Ngerokok itu emang enak sambil Ngopi bro! apalagi pas "nongkrong" !
Yang Ngerokok itu ngerti banget lagi, soal bahaya ngerokok soalnya sebelum jadi perokok mereka belajar dulu, bibit-bebet-dan bobotnya. Ruginya buat mereka apa dan untung buat mereka juga pasti mereka paham dengan baik kok. Gak usah kamu ingetin berkali-kali, mereka tau kapan harus berenti merokok... dan gue sedikit yakin kalo itu adalah waktu bokek. Apalagi sekarang udah diedarin tuh slogan "merokok membunuhmu" beserta poster gambar di bungkus rokok yang gue gak setuju karena desain bungkusnya jadi jelek!

Pernah gak kamu nanya kenapa mereka ngerokok?
Gue yakin para perokok ini udah punya cerita masing-masing yang bakal laris kalo dijadikan buku dan gak kalah fenomenal dengan isu korupsi dan bencana alam, apalagi gosip terkini. Jangan harap deh kamu bisa dapet jawaban kongkrit dan jelas tentang alasan mereka, karena emang mereka pada dasarnya ngerokok juga karena memang terbawa dengan kebiasaan lingkungannya dan juga gue sadarin ternyata ada alasan psikologis tentang bagaimana mereka memutuskan untuk terus merokok. Ketika Perokok berhenti merokok bisa memicu kejadian besar, kalo gak terjadi di diri dia sendiri itu akan memicu sekelilingnya. Serius~

Apakah Kopi dan Rokok ini berteman baik?
Gue gak tau bener asal usulnya kenapa ngerokok itu nikmat sambil minum kopi, paling minim ya emang karena emang seleranya gitu. Bisa jadi karena emang terlalu banyak ngerokok waktu nongkrong bikin serak jadi minum kopi deh biar seraknya ilang, kan bisa lanjut canda ria lagi.

Minum Kopi itu jelas ada manfaatnya, kalo ngerokok?
Jangan pikiran negatif dulu deh awalnya, dari sudut pandang perokok akan kamu pahamin ketika nongkrong bareng. Stop deh asumsi dan penelitian-penelitian yang bahkan belum pernah lo lihat dan alamin sendiri, Coba dengarkan dulu deh gimana tanggapan mereka ketika lo tanyain apa sih manfaat mereka ngisep rokok.

Lo percaya omongan para perokok?
Hei Bung, Para perokok gak pengen kalian yang gak ngerokok itu setelah denger omongan mereka akhirnya lo ikutan ngerokok. Mereka yakin merokok atau tidak itu adalah pilihan yang mesti lo putusin sendiri. So, ketika lo tidak punya alasan apapun untuk merokok, why?

Perokok itu jelas sangat menikmati Kopinya?
Gak kebayang kan gimana kalo mereka ngabisin kopinya duluan ato rokoknya duluan. Mereka yakin kalo Kopi itu adalah sahabat rokok, jadi Kopi itu akan menemani rokoknya sampe rokoknya habis, so sweet kan! Kalo salah satunya habis duluan, ya masih bisa dipesen dan dibeli kan? Mereka paham betul dengan itu.

Perokok adalah teman yang hangat ketika hang-out bareng?
Umumnya nih ya, ditangan mereka ada rokok, jadi untuk bisa gunain smartphone itu agak susah pake tangan satu, kecuali hapenya emang tipe "sms ready". Gak enak banget men, lo jalan bareng temen lo tapi dia malah asik ngegame di hapenya, atau sekedar geser dan pencet-pencet doang. Lo keluar itu buat have fun, have quality time, have quality talks, dan paling enggak dengan lo ketemu itu masa depan cerah lo akan sedikit mendekat.

Perokok paling seneng cerita?
Selama masih ada kopi dan rokok, mereka seneng kok diajak cerita. Apapun itu, mereka juga gak banyak ngomong, karena emang dipake banyak buat ngisep rokoknya. Oleh karena itu mereka pendengar yang baik, lo butuh telinga buat denger curhatan lo yang gak penting dan ngeselin itu silahkan datengin mereka deh dengan embel-embel traktir kopi ataupun rokok lo yang bayar. Kalo soal cerita tentang kehidupan yang dia alamin, kalo elo tulus nanyanya mereka akan jujur ke elo kalo rokoknya masih nyala.. loh.

Ngopi sendiri dan Ngerokok sendiri itu gak enak?
Makanya mereka lebih milih untuk keluar dan ketemu temennya ato orang baru kenal buat sekedar nemenin ngerokok dan ngopi. Bahkan ketika mereka bertemu siapapun yang sedang ngerokok mereka semacam memiliki chemistry yang instan, yang bisa bikin ngobrol lama dan akrab. Ini sih karena emang nungguin rokok habis baru cabut. But, the real fact..Emang ketika ngobrol sama orang dan sama-sama lagi ngerokok mereka udah kayak sodara yang kepisah. Kalo Ngopi sih kebiasaan aja, nikmatin kopi itu gak bisa langsung diminum sampe habis kayak minum jus, untuk mengisi waktu itulah mereka menikmatinya dengan lo. Sekali dayung dua tiga pulau kelewatan.

Gue sadar akan bahayanya jadi gue akan kurangin itu. Jadi cuma ketika gue nongkrong aja gue ngerokok. bahasa kerennya sih "Social Smoker", tapi gue akuin gue kecanduan!


Rokok itu bisa aja jadi Barang Seni !

Gue juga baru tahu setelah gue punya temen asli tulungagung, untuk ngelukis ataupun ngebatiknya pake ampas kopi ijo khas tulungagung yang dibuat dari campuran kacang hijau + susu. btw, ini hasil karya gue sendiri, walaupun masi jauh dari bagus, kuasnya cukup pake tusuk gigi. Ini namanya rokok di cete.. haha rasanya ya emang beda sama yang biasanya.








Ehm, fakta terbanyak yang gue dapet ketika gue tanyain sama yang ngerokok, ya mereka semua pengen berenti! trus kenapa lo malah kepengen, dan yang gue lakuin ini adalah pertama proses mengakui bahwa merokok emang ngerusak, dan sadar kalo lo kecanduan juga proses yang baik untuk membantu lo mengurangi dan menghilangkan kebiasaan ngerokok.

Btw, gue habis bacain "the power of habit" bahwa kebiasaan gak bakal bisa hilang gitu aja, harus ada kebiasaan lain untuk menggantikannya.

So, gimana pendapat kalian? 
gue mengharapkan komentar yang gak mainstream! haha

40 comments:

  1. Iya sih emang perokok atau emang orangnya emang enak diajak cerita ya.. itu kurang faham intinya aku juga punya banyak temen yang kebiasaan merokok, enak banget diajak cerita dan curhat curhatan tapi karena dia ngerokok aku jadi kalo curhat dengan jarak yang agak jauh soalnya gak suka sama asapnya..
    Sering juga sih aku sindirin kalo deket deket sama dia ntar aku jadi dendeng, diasepin terus. eh malah ketawa ngakak aja dia.. Hahahaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. curhat jarak jauh? ada-ada aja km rum, trus km telponan gitu atau pake masker, haha
      yah cukup beritau aja dengan ngomong, bukan dengan sign kipas-kipas idung atau batuk-batuk juga dia bakal ngerti rum..wkwk

      Delete
  2. Pas baca gue udah yakin banget kalo si penulis itu perokok... hahaha...
    Emang gak salah sih kalo ngerokok, yang salah perusahaan rokok. Tapi efeknya bukan cuma buat si perokok tapi juga buat orang-orang sekitarnya juga kena asapnya.
    So, yang menikmati siapa yang kena siapa...
    Ini gak mainstream kan komentarnya? hahaha...

    Gue si punya pengalaman, kebetulan bokap gue juga sama ngerokok dan ngopi, disuruh kurangin emang susah kecuali lagi bokek seperti yang lu bilang. Tapi beberapa bulan lalu kena jantungnya, malah sampe ga bisa nafas lewat hidung tapi tenggorokannya di lobangin. Nah semenjak sakit dan keluar dari rumah sakit itu bokap gue gak pernah ngerokok lagi... wakakakak... Mungkin kalo udah kejadian dan mengalami sendiri baru bisa sadar pentingnya kesehatan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, trims ya udah ngingetin gue! :)
      jujur ini komentar termainstream.. tp gpp santai aja..

      gue jadi ikut serem juga denger cerita bokap lo,
      makanya gue lagi nyari kebiasaan baru buat ngegantikan itu, dan kalo ngemut lolipop kayaknya malah gigi gue ntar bermasalah.

      Delete
    2. Hahaha... sorry bro, cuma ngingetin aja kan gpp yak? wkwk... lagipula ngingetinnya berdasarkan fakta...

      Temen-temen gue juga banyak yang ngerokok, bagusnya sih kalo pas lagi ngerokok dia menghindar gitu..

      Delete
    3. yo yow.. santai aja..

      paling itu juga takut lo "semprot" waktu dekat-dekat sama lo..haha :v

      Delete
  3. Untuk mentralisir yang kecanduan merokok bisa mengkonsumsi suplemen biar jantung dan paru-parunya tetap sehat. Hahaha *promosi

    ReplyDelete
    Replies
    1. emang udah kebukti yah?
      kok gue gak pernah tau yah, bisa laris banget tuh kalo beneran!
      namanya apaan ntar gue promosiin wkwk

      Delete
  4. iklan dan foto di rkok ya. ngeri deh, apalagi ini biasanya orang tua nyuruh anaknya ke warung buat beliin mereka rokok. kan dilihat jadi nggak tega.

    iya sih, orang ngerokok itu kebanyakan dimulai dari lingkungan. aku juga dulu sempet mau ngerokok cuma berhenti. semua karena lingkungan sekolahku yang berubah. temen yg pada ngajakin ngerokok pada beda sekolah semua jadi gk terpengaruh lagi. dan untungnya waktu itu belum ketagihan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hemm, i'm so proud of you! haha

      bener juga sih, orang yg mulai ngerokok aja suruh beli rokok efeknya udah kayak orang beli kond*m. itu kejadian disalah satu temen gue. jadi indikasi pertama ya kalo gue bilang bisa jadi karena kebiasaan udah disuruh belikan rokok, jadi gak malu-malu lagi.

      Delete
    2. iya bisa aja tuh. anak nyoba-nyoba beli sendiri dengn alasan buat beliin orang tuanya. kalau udah gitu nggak ada yg ngawasin dan jadilah tambah banyak para ecandu rokok

      Delete
  5. Pas gue nanya sama temen gue yang ngerokok, sebagian menjawab kalo mereka ngerokok karena coba-coba dan sebagiannya lagi karena terpengaruh sama kawan. Syukur selama berteman sama perokok gue gak ikutan terpengaruh karena ya gue udah tau bahayanya. Dan teman-teman gue juga paham akan hal itu. Jadi kalo mereka ngerokok, mereka akan misahin diri dari gue yang bukan perokok:))

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya bagus deh, lu percaya omongan perokok hahaha
      menurut gue sih ya, alasan-alasan kayak coba-coba itu adalah alasan klasik, yang bikin mereka gak sadar kalo mereka udah memilih untuk merokok! hasilnya ya itu cuma jadi sebuah pembanaran terhadap aktivitas ngerokok itu sendiri

      Delete
  6. sebenernya ada saru yang kurang, "gorengan". kopi, roko, gorengan, 3 komponen dengan harga murah, tapi nikmatnya luar biasa

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha bener juga... tapi kayaknya jadi nambah berbahaya gitu

      Delete
  7. alhamdulillah saya bukan orang yang suka keduanya, mau itu rokok ataupun kopi emang saya tidak tertarik untuk mencobanya. emang sih pengaruh lingkungan besar banget tapi tindakan individu pula juga besar kalau terpengaruh ya udah pasti ikut-ikutan.

    selama ini kalau saya sedang suntuk lebih banyak habiskan waktu buat ngeblog atau hal aneh lainnya, begitupun tuk begadang saya malah gak sama sekali pilihkopi buat nemenin kerja tugas. saya lebih milih air putih aja segalon juga habis tuh

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak seneng ngopi? nyusu suka kan! haha
      cool! tularin ilmu lo dong.. air segalon ngabisinnya gimana?

      btw, udah azan subuh tuh haha

      Delete
  8. punya pengalaman sama temen yang ngerokok
    mereka selalu w tanyaain, kenapa lu ngerokok si, alasan mereka beragam, yang paling utama si ya udh kecanduan dan sulit berhnti, yang anehnya mereka selalu beri saya saran untuk tidak merokok karena bahaya, tpi nyatanya mereka selalu merokok dan ga bsa berhenti

    ReplyDelete
    Replies
    1. saran gue, pas ketemu dia lo sediain lolipop, jadi pas ketemu jadi ngemut lolipop haha
      tuh berenti kan! haha

      seperti yang gue sampein diatas "Lo percaya omongan perokok?"

      Delete
  9. Gue sempet ngerokok tapi udah berhenti, waktu itu gue pake aplikasi Quit Now, jadi ada hitungan-hitungan gitu berapa uang yang bisa digelar kalo gak ngerokok. Haha

    Gue setuju lebih asik nongkrong sama perokok sambil ngopi karena bisa cerita panjang lebar, gak kayak anak alay sekarang ke Cafe bukannya ngobrol malah sibuk sendiri sama smartphonenya. Tapi belakangan gue mulai anti sama asap rokok, jadi kalo nongkrong lebih milih tempat terbuka biar asap rokok gak ngumpul. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Joss! salut gue! aplikasinya boleh juga..jadi keliatan yah udah menghemat uang berapa.. okok

      kayaknya gue pernah baca atau liat berita gitu yah, jadi di cafe itu gak dibolehin sama sekali maenin hape disitu.

      laen kali bawa masker bro! haha
      support #MelawanAsap haha

      Delete
  10. pengalaman ngerokok dulu pas SMP, pas masuk SMA udah gak ngerokok lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. buset.. anak sekolahan sekarang dari smp udah nyobain! wkkwk
      udah tau rasanya, jadi ya lo jadi gak penasaran lagi, dan kalopun disuruh nyoba, bisa gue pastikan lo pasti bilang ogah! haha

      Delete
    2. udah lama itu mungkin udah 7 tahun yang lalu wkwkw
      bener tuh, sekarang udah gak ngerokok, pas ditawin temen pas nongkrong juga bisa nolak

      Delete
  11. Kalo ditanya soal rokok, gue nggak ngerti apa-apa. Udah kebiasaan nggak ngerokok kali. Dulu sempet nyoba gitu, sih. Cuma... nggak enak aja pas dirasain batuk-batuk. Gue emang norak. XD
    Kalo kata temen gue yang ngerokok, itu bisa ngilangin stres. Jadi masalahnya ikut kebuang sama asepnya. Entahlah~
    Cuma suka kopi. Itu aja kopi sachetan di warung. Hahahaha.

    Btw, boleh juga itu ide ngelukis pake tusuk gigi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. untung lo gak muntah2 yog, trus 9 bulan kemudian..... haha

      haha, kebanyakan yg dijual juga kopi sachetan, sekalian bisa menghitamkan rambut dan mencegah rambut rontok.. wkwkwk

      sebenernya gak harus tusuk gigi juga, korek api kayu itu bisa juga kok..

      Delete
  12. Aku bukan perokok dan tidak pernah mempermaslahkan orang yg merokok selama sesuai sikon.
    Yang kulihat dari kampanye anti-rokok, sepertinya ada agenda terselubung yg ingin menggantikan budaya merokok (timur) dgn budaya minum miras (barat). Di saat rokok terus ditekan, miras malah dilegalkan. Kelihatan sekali campur tangan kapitalis.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, yang saya lihat om, malah banyak promosi rokok kok, bahkan spg rokok gak jarang mampir ke warkop buat nawarin rokok berbonus korek.

      saya belum pernah liat sih secara langsung tentang kampanye anti-rokok, kebanyakan ya lihat dan dengar dari media aja om. kok bisa ada agenda terselubung gitu om, jadi penasaran om cara ngeliatnya gimana? pasti ada oknum-oknum tertentu yg bisa dijadikan tersangka tuh om.

      Yah gak heran sih, bahkan konsumsi umum aja seperti film barat, drama korea aja secara gak langsung seperti mendoktrin generasi muda. bener gak sih ini.. hehe

      Delete
  13. Huaa saya kalau lait smoker kayak liat apaa gituu... saya anti bgeet sm smoker :-D maaf yaa gan hhoo.

    Alasannya karena hidung saya sangat sensitif dgn asap rokok...dan yg bikin saya tambah males sm smoker dulu sewaktu di bis ada bapak bapak ngerokok trus puntung rokoknya dibuang sembarangan daaan ternyata kena jilbab kesayangaaan kuuu ... saya sampe teriak dalam bis krn kena api.
    Huh sebeel... unforgetable momeeeent...

    ReplyDelete
    Replies
    1. buset ada juga yang gitu yah..
      semoga bapak-bapak itu mendapatkan jalannya untuk berenti..

      Delete
  14. Aku mah gak suka ngerokok, orang kena asapnya aja batuk-batuk gitu.

    Temenku kebanyakan yang ngerokok katanya biar kelihatan keren dan gaul gitu, terus ada yang bilang kalo masa remaja itu masanya seseorang berbuat nakal jadi boleh nakal asal gak berlebihan, Itu temenku yang ngomong begitu pingin kubakar mulutnya pake korek. Aku jadi inget iklan di tv yang tenggorokannya lubang gara-gara kena asap rokok dan ada yang meninggal gara-gara kena kanker laring.

    Bebas sih orang mau ngerokok atau nggak, tapi ya perhatikan orang-orang di sekitarnya. Gitu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. yeah, it's a good damn choice!

      untung aja temen lo sabar yah ngadepin lo, haha.. jangan buru-buru skeptis sama alasan mereka, emang gak sepenuhnya bener dan gak sepenuhnya juga salah. Ada banyak teori-teori absurd kenapa yang emang dulunya nakal bisa jadi "seseorang". Gue yakin setelah lo tau bahayanya, kan lo sendiri yang memutuskan, ketika ditawarin, always say NO. ok

      Delete
  15. aku ga ngerokok, tapi penikmmat kopi. jadi aku bingung kalo ngomongin orang yang ngerokok. semacam kaya di lingkaran dan disitu2 aja dan ga bisa berbuat apa2 gitu. ya intinya gitu deh. bingung kan? hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha, gue jadi keinget "filosofi kopi", gue cuma nonton trailernya doang sama wawancara disebuah talkshow gitu. dan gue tarasa emang bener, menikmati kopi yang sebenernya itu emang tanpa gula.

      yah gue sendiri juga ngerasa kalo ngeliat cewek trus ngerokok, itu gak pantes. bikin ilfeel iya. :)

      Delete
  16. Gue punya temen, penyanyi. Dan dia bisa dapet suara bener-bener nge-bass kalo ngerokok. Jadi, dia makin aktif ngerokok pas mau recording. Temen2 kerja juga kalo lagi mandek ide, larinya nggak jauh-jauh dari teh, kopi, atau rokok.

    Bener atau enggaknya ngerokok itu tergantung situasi dan kondisinya juga. Somehow, kalo ngerokoknya nggak ngerugiin orang lain, sah-sah aja toh. Lagian, perbuatan apa pun kalo ganggu orang lain, itu yang bisa jadi sharp the problem, bukan cuma soal ngerokok aja.

    Belakangan, kampanye anti rokok makin lebay. Eh, pabrik rokok masih ada aja, tuh. Berarti mah sama2 nguntungin kan? Hehehehe. Dat logic. :v

    Kalo gue pribadi nggak ngerokok karena mensyukuri nikmat sehat aja. Dikasih gratis sama Tuhan soalnya. Ngerokok kan mbayar. :)))

    ReplyDelete
    Replies
    1. loh, kok bisa gitu yah, suaranya apa gak cepet ilanng yah? ajaib temen lo..

      yaps! gue setuju banget buat perhatikan sekelilingnya. :)

      gue gatau deh ya, latar-belakang mereka ikut kampanye anti rokok, tp ya ada banyak yg bilang kalo semakin dilarang sesuatu tersebut bakalan semakin muncul, makanya kalo ada kata "ANTI" dan "Jangan" gatau deh cerita selanjutnya.

      JOSS!

      Delete
  17. Duh kopi sama rokok tuh temen setia para pejalan macem sayaa kak.
    Rokok selalu saya bawa kemana mana :) *padahal mah gak ngerokok*.
    Tapi entahlah lewat sebatang rokok selalu mengalir cerita - cerita baru dari tiap orang yang saya temui.

    ReplyDelete
    Replies
    1. lha kok bisa! ini pasti buat "nyogok" yah rokoknya yg dibawa-bawa hahaha!

      yah, stoknya rokoknya banyak dong! sekotak rokok dapet sebuku cerita kayaknya udah 12 atau 16 bab, :D udah berapa orang ditemuin, jangan-jangan udah gak terhitung tuh cerita yang didapet.

      wah astari, hidupnya jalan-jalan mulu nih.. traveler dong ya sebutannya.

      Delete
  18. duh, gue gak suka rokok dan suka kopi. leave aja apa nih langsung? ahaha

    semoga segera bisa berhenti ya masnya :D gue tiap temen gue ada yang ngerokok, kadang koreknya suka gue ambil. alhasil di rumah yang gue koleksi korek apinya, eh apasih tuh namanya? bukan yang batangan yak -_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. buhahaha, ya seperti postingan gue. instead we judge them, why just dont ask some basic questions?

      inget.. kalo nyolong korek yang rada elit dikit, jangan selain cricket! ok
      kan lumayan berseni dikit itu koreknya, wkwk

      Delete

Ketika sebuah kalimat membentuk untaian makna baru, maka sebuah simbol akan terlihat.