October 8, 2015

Music Player Terbaik buat dengerin Musik

sumber


Alunan nada yang kita dengerin di sekitar kita kadang ngebosenin, dan bahkan kita jadi clueless soal apa sih genre musik yang bener-bener kita sukain. Dan gak lama kemudian lo ikut larut dalam arus yang mainstream, gak ada yang salah! Lu cuma suka apa yang orang lain suka, lo cuma ikutin tren yang lagi in saat itu.

Btw, yang sekarang pengen gue tulis adalah tentang bagaimana cara kita dengerin musik dan cara kita nikmatin musik dengan kualitas yang terbaik. Salah satu caranya adalah dengan membeli CD Original + Hardware Audio yang memang berkualitas. Kalo emang lo penasaran tentang apa sih bedanya kualitas file musik dan hardware audionya silahkan baca post gue sebelumnya.

Forum yang bikin lo melek HQ Audio :D


Berhubung yang pengen gue bahas disini adalah music player, gue akan ngasih tau lo yang biasa gue pakai. Menurut Gue Music player terbaik itu bisa mangangkat kualitas musik yang seharusnya memang detil mulai dari stage, separation, dll. Tentunya kualitas musik akan muncul dengan perangkat yang mendukung pula. Apalagi setiap perangkat memiliki karakter suara yang unik.

Buat keseharian aja, misalkan lo lagi buka laptop lo atau komputer lo, silahkan lo pake AIMP3 atau Foobar2000. Gue sih lebih menyarankan foobar, dengan bawaan yang simpel namun bisa di custom se ekstrim mungkin, kalo aimp emang masih bisa di custom dibagian skin dan plugin-nya yang bisa kompatibel sama plugin winamp.

Buat Musik Player portabel, gue lebih menyarankan yang baterenya awet seminggu atau paling enggak 3 hari lah. Trus apa dong? setelah gue research nih ya, ada COWON, SANSA, IPOD, dan soal headphone, earbud, iem dll, gue lebih menyarankan lo nyoba sebelum beli dengan lagu-lagu yang lo sukain! terkadang emang mahal itu menunjukkan ke kualitas yang lebih bagus, tapi ada cara yang lebih ekonomis untuk menikmati musik berkualitas tinggi dengan harga yang murah. Untuk cara pastinya silahkan lo bongkar kaskus, dan lo cari dengan kata kunci "KERE HORE". Btw, kalo lo melihat ada yang nempel kayak hardisk eksternal, mungkin saja itu adalah amplifier portabel.

Bicara soal musik, tentunya setiap orang punya selera yang berbeda-beda, jadi gue rasa tidak ada player yang terbaik, yang ada hanya player yang sesuai dengan telinga kita. Ketika lo suka lagu rock dan punk, lo mungkin butuh bass yang detail dan terasa dikuping, tapi bila lo cuma suka musik akustik yang dimainkan cuma pake gitar doang, bass yang terlalu detil akan mengganggu musiknya.

Sesuaikan menurut selera lo, bukan karena rekomendasi temen lo, biarkan kuping lo yang menjadi juri untuk semua musik, player dan perangkat yang sesuai dengan selera lo



8 comments:

  1. Ngomongin tentang mendengarkan musik, kuping kita ini pantas untuk dimanjain dengan media player yang mumpuni, dan sesuai dengan jenis musiknya.

    Wah, gua malah belom pernah cobain Foobar2000. Untuk portable, gua seringnya make smartphone atau iPod, itu aja sih. Keluaran musiknya masih nendang di kuping untungnya hehe. Setuju, biarkan kuping kita sendiri yang jadi juri untuk hal-hal yang berhubungan dengan musik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sepakat deh gue!
      btw, gue kalo lagi jalan gitu suka ke tempat yang nyediakan headphone,
      gue sering nyobain-nyobain gitu, pake musik yang gue suka, dan gue pulang, gue setel pake punya gue sendiri. ternyata kuping gue berontak! ternyata selama ini yang gue bilang suaranya udah lumayan bagus itu parah banget.

      Delete
  2. Kalo kuping aku sih bisa beradaptasi sama berbagai media player, asal lagunya aku juga suka. Tapi ya bukan speaker yang rusak terus aku juga suka gitu.

    Tapi boleh tipsnya, entar aku coba

    ReplyDelete
    Replies
    1. yakin lo? brati udah nyobain semua dong, udah kenal format FLAC kan?

      ok, sama2

      Delete
    2. Good! Beli CD Original itu mutlak. Hehehee.

      Gue pake Music Player AIMP3 (Kakak ipar gue yang installin, ya pake aja gue mah :)))) )

      Saran soal headphone. Yang ciamik itu merek Sennheiser. Tapi emang mahal c. Bener kata loe "terkadang mahal itu menunjukkan kualitas yang lebih bagus".

      Tetap semangat denger lagu2 band Indo yaaa ~

      Delete
    3. Hahaha, penyanyi-penyanyi pada seneng dong ntar! pada beli kaset CD semua. :D

      Hmm, di optimasi dikit tuh AIMP-nya pake "DSP Plugin 3rd Party" biar suaranya rada bagusan dikit/..hehe

      Gue semangat kok dengerinnya asal gak galau-galau gitu.
      kalo gue generalisir musik indonesia bagi yang awam, atau cuma penikmat kayak gue, melihat musik yang keluar dan kedengeran dan jadi tren itu kalo gak bagus ya imbasnya banyak yang mulai gak dengerin sama sekali musik indonesia.

      Kalo band indie indo gue sedikit ngikutin! gue suka musik yang emang unik apalagi punya suara yang unik juga.

      Delete
  3. Waduhh, berat nihh pembahasannya.. Gue jg penikmat musik, kalo soal music player buat PC sih gue paling taunya cuman Winamp sama windows Media player. Bener kan ya?
    Gue sih asal lagunya suka aja udah, gak prnah mikirin music playernya. wkwk.
    Paling gue sering otakatik equalizernya doang, ngatur bass, gtu2. Bener bgt tuh, kalo lagu rock atau electro gtu enakan yg bassnya kenceng ya? Lebih mancaaapp! :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berat gimana sih lu? jelassiinn hahaha
      Udah deh lo ganti playernya sana

      gue juga dulunya gitu lu', jadi jangan sekali-kali lo nyobain perangkat buat dengerin musik yang mahal-mahal. Ntar kuping lo berontak pas balik lagi pake punya lo sendiri. wkwk

      lo misal jalan ke tempat jualin headphone, speaker gitu, suruh test aja lu' pake lagu favorit lo, ada kan di hape lo? siapin file music yang lo dapet dari CD original, atau pake format FLAC juga bisa.

      Delete

Ketika sebuah kalimat membentuk untaian makna baru, maka sebuah simbol akan terlihat.