October 18, 2015

Seo Menurut Gue? Blog itu Buku dan Search Engine itu Perpustakaan

Seo is like a book and search engine as a library


Sesuai namanya, Search Engine Optimization (SEO) adalah cara kita untuk mendapatkan perhatian pada search engine (baca: google, bing, yahoo search, yandex, dll), tentunya menurut gue caranya cukup simpel. Analogi yang gue pake, situs mirip sama buku dan perpustakaan adalah search engine.

1. Pahamin Bagaimana Search Engine Bekerja.
2. Ikuti Aturan Resmi dari penyedia layanan Search Engine.
3. Aplikasikan itu ke Website/Blog.

Search Engine sudah punya algoritma sendiri untuk menentukan dimana letak situs kita nantinya, jadi coba bayangkan dengan search engine sebagai sebuah perpustakaan. Di dalam sebuah perpustakaan ada banyak elemen lainnya seperti buku, rak, dan layanan librarian.

Kenapa kalian cukup mudah untuk menemukan buku yang kalian cari di sebuah perpustakaan? 
Bukankah bukunya memang sudah tertata rapi berdasarkan sistem klasifikasinya. dan letak raknya pun diberi tanda nomor khusus, bahkan tidak jarang raknya pun diberi sebuah kode khusus. Kalian ibaratkan saja alamat web/blog kalian sebagai sebuah buku, apa aja elemen yang ada didalam buku untuk memudahkan librarian menata buku kalian pada tempat yang tepat?

1. Judul Buku
2. Penulis
3. Tanggal Terbit
4. Nama Penerbit
5. Tipe Buku
6. Sinopsis
7. Design Cover atau Sampul
8. ISBN
7.  ...dan lain sebagainya

Bedanya Web dan Blog Berkualitas?
Kalian sudah tahu kan, bagaimana dan apa yang membedakan buku biasa dan buku best seller?
apa yang berbeda? kualitas isinya ! memang, konten adalah hal paling utama yang paling berpengaruh menurut gue. Buku yang berkualitas paham, kalau elemen yang ada dalam sebuah "buku" itu penting untuk memudahkan bukunya tampil di tempat yang tepat, dan bahkan mendapat tempat yang tepat dalam sebuah rak penjualan di toko buku. So, biarpun punya konten yang bagus tanpa adanya elemen untuk mengenalinya bakalan percuma.


Caranya ?
Kenapa kita tidak sekalian saja membantu search engine, agar web/blog kita bisa ditampilkan sesuai dengan kehendak kita di search engine?

1. Masukkan Sitemap ke Search Engine dan Sesuaikan Metadata.
Cara cepatnya kita bisa submit sitemap web/blog kita agar terindex lebih cepat bila kita mengupdate sebuah artikel. Memberikan "meta deskripsi" yang terstruktur sesuai tipe web/blog berdasarkan aturan dari search engine. (link di akhir post). Mulai dari judul, slogan, deskripsi, daftar kata-kunci (baca: meta tag/ meta keywords).

Ada juga kelengkapan lain, seperti favicon, webicon, yang akan ditampilkan sesuai resolusinya di tiap devices yang mengakses web/blog kita, cara termudah bisa didapatkan di halaman dokumentasi Apple Safari, Mozilla Firefox, Google Chrome, untuk mengetahui elemen-elemen dalam tiap browser yang bisa dimanfaatkan dengan maksimal.

Dalam memasukkan gambar juga begitu, masukkan title, dan alt name, bahkan captionnya juga, gak jarang soalnya pembaca web/blog kita datang lewat pencarian gambar yang ada di search engine.

2. Tren Sosial Media
Sosial media bisa jadi merupakan tempat kita dan tempat pembaca untuk saling memberikan dan sharing informasi. Jadi tampilan waktu web/blog kita dishare akan menjadi lebih baik lagi, jadi cara terbaik adalah membaca tentang aturan di masing-masing sosial media, misalnya facebook, twitter, google plus, dan standar nasional tag sosmed lainnya.

Sumber : Moz ( ini caption loh haha)



3. Mempercepat Loading Web & Blog
Mulai dari berat atau enggaknya bisa kalian coba cek di GTmetrix & Google PageSpeed Insights, jadi bisa dilihat yang mana bagian yang perlu diperbaiki. Ada banyak banget faktor yang berpengaruh dalam cepat atau enggaknya web/blog kita di load oleh browser. Untuk Mengatasinya juga silahkan lihat halaman about Google PageSpeed Insights, disitu dijelasin juga tentang renderblocking akibat kode yang diletakkan di luar web atau blog, jadi ketika browser sedang loading, akan lebih mengutamakan tampilan utama, sehingga browser akan berhenti sebentar ketika ada link eksternal baik itu CSS ataupun Javascript yang akan diload setelahnya.

Tapi karena gue cuma punya domain doang, gak punya hosting karena masih pake blogger, jadi gue manfaatin tuh layanan CDN Cloudflare buat jQuery sama plugin javascript lainnya yang nempel di template blog gue, soal signifikan atau enggak, gue rasa kodenya bakalan aman dari expired, dan layanan kecepatan download data dari cloudflare gue rasa lebih cepet deh, walaupun sebenernya kodenya ditaroh dalam blog juga bisa. Yah! Otak gratisan deh gue. haha

Nah soal Gambar, ini masih jadi masalah utama? setiap pembaca pengen banget ngeliat gambar yang vivid, detail dan jelas, tapi itu semua masalah sama sizenya, semakin besar resolusinya maka semakin lama juga load web/blog kita. Tapi ada cara khusus untuk hal ini, kalo gambar lo itu lo buat sendiri pake program vektor macam CorelDraw atau Adobe Illustrator mendingan lo simpen ke SVG, karena ini emang gambarnya sizenya kecil tapi mau diperbesar sampe otak lo meledak juga masih sanggup. Cara lainnya sih, dengan memisahkan gambar kecil dan gambar besar, tapi ini repot maksimal! Cara paling mudah ya gue kompress gambarnya dengan kualitas resolusi yang sama dan size yang kecil, emang bisa? lo google coba...

Update : 2 November 2015
Lebih baik lo baca sendiri : Kenapa membuat pengunjung menunggu itu jadi hal buruk?
Salah satunya yang gue temuin dalam membuat web jadi cepet itu emang optimasi kodenya, dan bagaimana browser ngebacanya, jadi ada script loader yang bisa bikin web/blog kita jadi cepet, salah satunya dengan menggunakan caranya menggunakan web font yang benar.


4. Meningkatkan Kepercayaan dan Keamanan Web & Blog
Darimana juga gue bisa menentukan keamanan dan kepercayaan tentang blog gue, tapi bicara soal search engine, Web/Blog yang punya tingkat keamanan yang terjamin akan lebih mendapatkan prioritas dalam pencarian. Yang pertama adalah HTTPS, dan Keamanan situs dari kode-kode berbahaya, jadi yang tau itu kira-kira tukang antivirus, jadi bergurulah kepada McAfee Site Advisor, Norton Safe Web, WoT (Web of Trust) , dll.  Mengenai HTTPS bagi kalian semua yang masih gunain domain blogspot, silahkan aktifkan fiturnya di Dashboard, tapi jangan lupa, di template kalian hapus semua tulisan link yang ada http titik dua (http:) sisain // itu aja. Dan juga bagi yang udah punya domain TLD sendiri, gue udah nyobain layanannya punya si Cloudflare, jadi gue daftar disitu, dan ganti nameserver gue yang ada di idwebhost (ini tempat gue beli domain.) dan atur SSL-nya jadi Flexible. rasanya ada gue jelasin di postingan gue yang ini.

Thats All Folks!
Menurut gue dua poin dari cara diatas aja sudah lebih dari cukup untuk membantu web/blog kita jadi meningkat prioritasnya dimata search engine, dan lagian tampilan disosmednya lebih keren dan menarik buat pembaca.

Ada banyak sih optimasi tentag SEO, Lo bisa mulai baca aturan di halaman developer search enginenya. yang udah gue kasih tau dibawah blog ini. Lebih lengkap disitu, lagian nanti blog gue jadi blog tutorial gak jelas gitu. haha.. Disana bakal lo temuin cara-cara menambahkan breadcrumbs, Sitelinks, bahkan foto penulis artikel yang ditampilkan di halaman search engine?

Kalo soal optimasi web/blog ke pembacanya, gue rasa cuma desain dan konten yang paling berperan, jadi ya tingkatin interaksi web/blog (belajar: user interface & user experience design), sama cara nulis kalian. Jadi belajar ke situs-situs berita atau blog terkenal juga akan memicu lo untuk terus bikin postingan yang bagus.






Analisis SEO ?
Sebagai pemilik sebuah buku (baca: website atau blog) tentu sebenarnya menginginkan statistik siapa saja yang membaca buku kita, darimanakah mereka menemukan web/blog kita, dll? Intinya kita penasaran tentang apa yang terjadi dengan buku kita setelah kita serahkan ke perpustakaan ataupun toko-buku. bahkan rumitnya kita juga ingin tahu bagaimana pembaca buku kita bereaksi.
Ada banyak layanan untuk memudahkan kita untuk mengetahui hal ini, mulai dari yang gratis sampai yang berbayar sekalipun. analisis nya bisa memakai Google WebDeveloper, Analytics, Ahref, dll.

Bahkan kita juga bisa mengetahui peringkat kita dimata dunia dan di negara kita, walaupun ada berbagai macam peringkat, ada beberapa peringkat atau ranking yang biasa digunakan sebagai acuan, yaitu Google PageRank, Alexa, Dmoz dll.

Sebuah buku yang sukses menjadi best seller ataupun menjadi buku yang punya banyak pembaca ini tidak lepas dari pemasaran (baca: "marketing") yang juga berperan, ada banyak definisi yang rumit tentang hal ini, jadi kalau sebuah buku memiliki tampilan yang bagus sampul dan covernya, disertai daftar isi yang lengkap, bahkan catatan kaki, dan daftar isi, gue rasa buku itu layak. Bahkan ada juga buku yang mengikuti tren masa kini untuk mendapatkan pembacanya.

Kalau diterapkan di web/blog kita bisa melihat kata-kunci yang sering digunakan lewat Google Trends, atau mengincar kata-kunci yang sedikit pesaingnya dengan Google Keyword Planner,

Penting gak sih?
Menurut gue, siapa sih yang pengen punya buku yang tertata di rak dengan rapi, buku yang lengkap elemennya, dan bukan buku dengan sampul yang polos doang, gak ada judul, deskripsi, sinopsis, dll.
Intinya kalo gue yang ngatur itu buku di rak, gue sendiri juga bakal bingung. So, kamu pengen search engine jadi bingung ngeliat web/blog kalian?


Cheers!


Pingin Coba, Baca?
1. Google Developer Web ( Products , Structured Data )
2. Schema.Org (Organization of SchemaMicrodata Documentation, )
3. W3.Org ( MarkUp Validator , Standard of Website Dev )
4. Web Hypertext Application Technology Working Group (Community that evolving Web)
5. Moz.com (Social MetaTag )
6. Open Graph Protocol ( Web Metadata )
7. Adwords ( Show Additional Sitelink under you Ads)
8. Metatags.com ( Secrets of Search Engine )




33 comments:

  1. Makasih atas infonya, sangat sangat membantu saya :)))

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang bener fan, haha.

      gue sebenernya posting ini juga banyak ngumpulin link jadi kenapa gak sekalian aja gue buat postingannya.
      lagian yang belum tau juga bisa terbantu dikit.. atau malah pusing.. wkwkwk

      Delete
    2. setujuu, karena ibaratnya semua web dan blog di internet itu kayak buku, nah kalau mau nyari buku yang bener harus make yang namanya search engine itu tadi :D

      Delete
  2. mas ini postingannya kaya ilmu banget tapi rada berat di aku hehe, tapi bermanfaat bangetttt :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ilmunya gue ambil dari kitab wigunasastrakencanatopogeniseojos. wkwk
      thanks yaa.. yah, kalo lebih spesifik beratnya dimana ntar kan bisa gue edit, gue jelasin satu-satu yang gak ngerti yang dimana. lagian tempat komentar ini juga tempatnya bertanya, walaupun gue juga masih belajar, kalo gue tau ya gue jawab.
      dan kalo masih ada yang kurang tolong disampein yaa..

      Delete
  3. keren postingannya, gue juga lagi belajar seo nih, tapi gak tau udah lama belajar tapi blog gue masih aja sepi pengunjung wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha, THX berat!
      yang gue bahas diatas, menurut gue udah hal wajib yang perlu dilakuin yang punya web/blog.
      kalo soal SEO yang katanya mulai dari bikin headline, tembak keyword, seo onpage, dll, gue rasa itu lebih ke penekanan ke optimasi cara nulis postingan deh. Apalagi ngikutin kebiasaan orang waktu ngesearch itu sebenernya gue gak demen, judul juga jadi terlalu mainstream, dan habis itu kata-kunci yang di tembak juga aneh-aneh, puyeng gue. Mending juga gue nulis postingan dulu dibanyakin, sambil jalan ntar gue edit kalo emang ada kata-kunci yang perlu gue masukin.

      Tapi masalah edit-edit postingan ini, sebenrnya juga pengaruh besar mending ditulis revisi dibawahnya daripada ngedit keseluruhan postingan. bikin bete, udah nongol di halaman pertama google, eh gue edit, jadi miskin visitor. wkwk

      Delete
  4. Jujur, gue sebenernya kurang paham sama yang begini-beginian. Niatnya berbagi cerita aja di blog. Tapi, waktu itu tau-tau temen gue ngasih unjuk gue soal Alexa. Nah, kebetulan rank gue bagus. Gue aja awalnya nggak ngerti. Hahaha. Yang penting konten tulisan menarik dan jangan pernah copas. Hehe.

    Eniwei, makasih. Lumayan nambah pengetahuan. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha, yang penting kalo alexa itu keaktifan blognya yog, gak kaya PageRank, biarpun itu postingan terakhir jaman batu, selama trafficnya masih jalan ya bakal tetep aja stagnan pageranknya, jadi ya begitulah..hahah

      Alexa blog gue ini aja, gue amatin tiap minggu ada peningkatan sih, walaupun gak seberapa.
      yah, niat lo emang bagus yog, intinya ya emang berbagi cerita..

      Lanjutkan anak muda! :))

      Delete
  5. Nice inpoh deh bro.
    Kalau gue sih SEO itu penting tapi masih ada yang lebih penting lagi yaitu bisa menjadi bermanfaat untuk pembaca. Rasanya percuma aja bisa mejeng di page one tapi kalau cuman dilewatin aja rasanya sakit banget ya walau kemungkinan dilewatin kecil sih soalnya orang-orang pasti fokus ke peringkat pertama dulu

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu kan optimalsi ke pembaca bim, yang gue bahas disini lebih ke search enginenya, standard yang emang di ikutin semua web developer untuk membuat web yang terstruktur dan gak ngawur. eh.. begitulah..

      soal dilewatin kan itu juga ke pembacanya, soalnya gue yakin yang baca juga tau ciri-ciri dan kebiasaan link yang mejeng di google yang mana yang real info, dan yang mana yang gak mereka butuhin. yah gue rasa, kalo web/blognya udah punya idenditas yang lengkap, kan lebih enak tuh. kalo gue jadi search engine akan lebih ngerti dong yah mau gue taroh mana.

      Delete
  6. ini ilmunya sangat bermanfaat

    saya pernah cek di gt metrix hasinya bagus ada di A tapi yg di pagespeed itu ada di 70an bingung harus gimana buat benerinnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. kan di GTmetrix ada warna merah tuh kalo nilainya E, gue rasa mulai dari yang penilaiannya paling ancur.. haha
      kadang juga di test lagi dengan blog yang sama, malah berubah, coba deh test lagi, kalo emang perlu dibenerin,

      Delete
  7. ini bagus ngasih info soal seo, tapi kayanya perlu bertahap ya untuk menjadikan blog menjadi bener2 seo

    ReplyDelete
    Replies
    1. pertama sih dari kepanjangannya aja SEO (Search Engine Optimization), jadi search engine jadi utama karena search engine bisa jadi pembaca pertama blog kita. kalo bertahap gue rasa ada benernya. :)

      Delete
  8. keren nih membahas seo, tapi blog itu memang seperti buku yah, dan seo itu perpustakaan. yang paling sering dibaca orang pasti ada paling depan diperpustakaan. jadi point yang saya tangkap adalah bagai mana cara kita membuat tulisan agar diterima perpustakaan dan dipajang paling depan. pasti jawabannya tulisan harus bagus dan menarik.namun sering kali juga saya nulis sudah lama karena ngumpulin bahan eh ternyata seonya dihalaman 2 aja.hihi
    ngenes banget kalo kaya gini..

    ReplyDelete
    Replies
    1. yah kalo search engine jadi perpustakaan, SEO itu udah semacam jadi librarian-nya.
      bahkan untuk majang di rak best seller di toko buku aja hampir make hukum yang sama, yang pertama konten. kedua gatau deh, marketing paling yah. haha

      mending itu page dua, gue aja ngecek blog ini, banyak banget artikel yang masuk halaman sekian sekian sekian dengan kata kuncinya sendiri, ya, tujuan kita kalo sebenernya berbagi bakalan gak ngurus sih mau halaman seratus sekian juga gak bakal ngaruh. haha

      Delete
  9. saya lebih mengandalkan sosial media ketimbang sosial bookmarking.. karena trafik yang didatangkan sosmed lebih ke real person sedangkan sosbook cuma mendatangkan penayangan 'kosong'

    ReplyDelete
    Replies
    1. eh? gue bahas sosial bookmarking? atau sosbook?

      btw, kalo sosial media dan social bookmark itu emang berbeda, gue rasa sama aja, aneh-aneh aja orang bikin istilah, sama-sama bisa promosi link kan dua-duanya. masalah itu real person atau enggak. gue rasa yang make internet ini semuanya orang deh.. yang ngeklik link yang kamu promo juga itu orang deh. beda lagi sama traffic generator yang cuma datengin trafik, tapi gak berbuat apa-apa. mungkin itu ya penayangan kosong, trafik yang gak ketarget.

      Delete
  10. pingin coba baca?
    di bikin tutor b indonesia dong mas kalau ada waktu. aku bingung cara yang itu

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha, bukannya gue gak mau, tapi sumpah itu banyak bener, buat gue translate satu-satu, lagian selalu ada perubahan di tiap dokumentasi-nya, tapi bukannya bisa yah diganti bahasanya, paling mudah sih pake google translate, trus masukin linknya, beres deh.

      Delete
  11. Bener gan, logikanya mantap sekali, saya suka gayamu berlogika, hahaha
    ide bagus, mantap

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks :D
      tunggu gaya-gaya saya yang lain.. hahaha

      Delete
  12. Pusing belajar SEO, ilmu yang gak pasti tiap tahun pasti gonta-ganti algoritma -_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. yah, jangan khawatir kalo ganti-ganti algoritma gitu..
      kalo konten emang bagus, dan gak menyalahi aturan, ngapain takut..
      gue rasa gak ada masalah deh walaupun search engine ganti-ganti algoritma sampe mampus, kalo web/blog kita emang punya elemen yang lengkap buat dikenalin.

      Delete
  13. ini ni yang masih menjadi misteri, pengen gitu banyak yang ngebuka blog aku tanpa perlu aku jemput duluan pengunjung blognya hehehhe, ternyata susah, dan aku ga ngerti cari kunci seo nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha, untung bukan misteri pulau berkaki kuda ditengah pasar.. @_@ LOL
      buset, gue jangan dijemput, ntar pulang gak dianter repot!! haha

      cari kunci? ya dibikin sendiri atuh neng..atau dicari di keyword planner (link di postingan) trus ditingkatin pemakaian kata kuncinya di blog sama artikel, yah akhir-akhir ini gue malah ada baca, kalo search engine juga seneng postingan yang panjang-panjang yang disertai ilustrasinya. hahaha

      Delete
  14. sampai saat ini masih belajar apa itu SEO sesungguhnya hahaha, masih menjadi misteri terindah bagiku Mas :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. kirain anugrah terindah yang pernah kumiliki....hahaha
      SEO sesungguhnya... adakah?
      yang sepalsunya aja gue belum nemu,,, :D

      Delete
  15. Waaah, kebetulan banget, sy lagi belajar SEO nih.

    Artikel yang bermanfaat :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sippp, kalo udah pinter jangan lupa sama gue yah,,hahaha

      Delete
  16. Yang masih gue belum ngerti tentang statistik lebih jauh, apakah SERP juga menggunakan metrik dari 3rd party yang punya algoritmanya sendiri. Terutama untuk metrik yang trusted seperti SEMRush dan MOZ. Mungkin juga Alexa.

    ReplyDelete

Ketika sebuah kalimat membentuk untaian makna baru, maka sebuah simbol akan terlihat.