October 13, 2015

Seperti Pohon yang Abadi




Masih ingat kan.. ada pepatah yang bilang semakin tinggi pohon maka semakin kencang angin menerpanya, selanjutnya pohon tersebut ada yang kuat dan ada juga akhirnya tumbang.

Diatas langit masih ada langit!
inget yaa, jangan bangga dulu seakan akan cuma kita aja yang bisa, karena semuanya selalu berkembang dan seiring waktu akan terus berubah dan akan selalu tumbuh langit langit yang akan semakin  menjauh dari kita, dan kamu akan menjadi langit yang keberapa?

Yah, manusia dan dunia~

Ada dua sisi dari koin, atas dan bawah, semacam keseimbangan dunia..
selalu berpasang-pasangan.

Memilih adalah cara kita menentukan salah satu dari kedua sisi tersebut.

Ketika kita tidak ada dalam kedua sisi tersebut,
Coba saja memandang kedua sisi koin? apakah sama?

Ketika kita memilih, tentu saja kita tidak memikirkan bila kita berada diantara dua koin, tetapi bila kita dalam satu sisi koin, sudah pasti apa yang kita pilih akan berlawanan dengan sisi yang lainnya.

Semua sisi terasa benar bila kita hanya memilih koin tanpa perduli kedua sisi!
Namun apakah dengan memiliki koin kita bisa terus saja tidak memilih antara kedua sisi.

Coba saja letakkan koin!
Semudah itukah!

Bagaimana pohon bisa begitu saja tumbuh?
Sesuai dengan pelajaran biologi yang udah mulai gue lupa, selaen cara reproduksi  , ada banyak hal yang menjelaskan bagaimana pohon bisa tumbuh, dan tidak semua pohon bisa tumbuh dengan mudah.Memang ada yang memang sudah kuat dari awal, dan ada juga yang sedari awal membutuhkan kita untuk memberikannya kekuatan untuk tumbuh. Apa sebenarnya alasannya untuk tetap tumbuh?


Benarkah dia selalu memiliki akar yang kuat?
Mau pohon apapun yang ada dalam imajinasi gue, itu pohon pasti selalu saja membuat akarnya semakin kuat, membuat dirinya kokoh untuk melawan angin meneggakkan batangnya dan tetap terus tumbuh untuk memberi, memberikan kerindangannya untuk berteduh diterik matahari, memecah angin, bahkan memberikan keindahan warna yang mungkin bisa lo liat dengan mudah saat lo melihat bunga, atau dia memberikan kenikmatan lebih dengan buahnya.

Andai gue bisa mengetahui keberadaan pohon yang abadi, berteduh dibawahnya, membantunya untuk tetap tumbuh, Dan kalau ia bisa berbicara, aku ingin menanyakan apakah ia senang menjadi abadi? Apa semua kebaikan yang diberikannya itu tulus, ataukah dia tidak punya pilihan lain selain
memberi?


22 comments:

  1. Satu batang pohon berumur seratus tahun, memiliki tanggung jawab untuk menghidupi mahluk mahluk di sekitarnya lebih dari umurnya, tapi terkadang keserakahan manusia yang menghancurkan semuanya, menghancurkan tatanan pohon dan tanggung jawabnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu pohon beneran kan? pohon aja dari lahir udah punya tanggung jawab, gue ngerasa kalo pohon bisa ngomong bakalan protes deh. haha

      Keserakahan manusia? Bayangkan kalo pohon gak dibuat jadi bahan bikin rumah, gak dibikin kertas, gak dibikin kerajinan dll. Yang jadi konsumer trus nikmatin hasil apa gak termasuk jadi orang yang serakah itu?

      Pohon yang gue maksud disini bisa di artikan macem-macem sih, tapi yang dibayangan gue, itu pohon abadi yang tumbuh dan lahir tanpa alasan untuk memberi.

      Delete
  2. pohon satu-satunya makhluk ciptaan-Nya yang memiliki tugas abadi menjaga keseimbangan dunia tapi ketika manusia hadir, keseimbangan itupun mulai goyah karena keserakahan yang tiada hentinya.

    Kalau saya pengen bagaimana sih nasib pohon-pohon itu dijaaman yang semuanya serba tebang pangkas aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. tebang pangkas boleh sih, apalagi kewajiban tebang dan tanam kembali, tapi apa gak lebih besar pasak daripada tiang yah, yang ditanem emang gak bakalan berumur sama dengan yang di pangkas. kalo udah gini gak seimbang y?

      Delete
  3. Binggung mau komen apaan yah @@
    ngasih hastag #MariUsof aja deh :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha, gue baca kembali kok gue jadi ikutan bingung, ngebaca komenlo juga bikin bingung gue tambah chisanak..haha

      haha, dikasih hastag tapi gak di share di twit! wkwkwk

      Delete
    2. Wkwkwk yang lain juga jadi binggung abis baca mau komen apa :v

      Gak main twitter, udah punya burung sendiri jadi ngapain main twitter *komen apaan nih hahahah :D

      Delete
  4. Untuk melawan angin yang kencang, pohon harus memiliki akar yang kuat, dan dukungan dari pohon-pohon lain dengan akar yang kuat pula. Karena menjadi hebat nggak bisa dilakukan sendirian, tapi bersama-sama. Begitu, kalau menurutku.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ketika satu pohon saja sudah bisa memberi banyak manfaat, gue yakin semakin banyak pohon akan memberikan manfaat yang lebih besar, seperti yang komentar bagus lo sampein.. :)

      tapi apakah manfaat yang lebih besar ini bisa kita rasakan? Apa perlu kita membiarkan pohon sendirian barulah kita mengerti manfaatnya.

      Delete
  5. Sebuah pohon yang harus meninggikan rantingnya, melebarkan batangnya dan menguatkan akarnya. Hidup ratusan tahun diterpa angin hanya demi memberikan kebaikan kepada mahkluk lain.

    Seorang manusia mungkin gabakal kuat jadi pohon. Gue kalo jadi pohon mungkin bakal protes sama tuhan, trus gue kamikaze. Jadi orang yang hebat dan bermanfaat itu gak mudah, pasti ada banyak halangan dan rintangan, dan dengan segala halangan itu kita cuma bisa berusaha yang terbaik :D

    btw, salam kenal ya bang!

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak semudah film iron man 3, bisa ngomong sama pohon..haha
      manusia emang bukan pohon, tapi apakah manusia tidak bisa seperti pohon?

      yep! salam kenal juga, tq udah mampir.

      Delete
  6. Pohon abadi? Pohon Kuldi di surga mungkin. Halah.
    Biologi yang gue inget juga sistem reproduksi. XD Ya, paling bagian-bagian tumbuhan dari mulai biji, akar, batang, ranting, daun, buah, auk deh apalagi.
    Pohon sangat bermanfaat, ya. Kadang pengin gitu, tiduran di bawah pohon yang rindang sambil baca buku. Di Jakarta udah jarang banget pohon-pohon.
    Terus sekarang pohon malah banyak yang ditebangin, hutan dibakar. Kacau banget! :')

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahah, bisa jadi tuh ya...
      lu mah ingetnya "berudu" nyasar doang.. wkwk

      yah, mending lo tanem pohon cabe yog, daripada dipake bunuh diri sama orang mending dipake sama lo berteduh sambil baca buku, biar gak tambah dosa tuh pohon..wkwk

      itu pohon-pohon pada takut semua paling yog, sama lo. Mereka gak pengen jadi pohon angker makanya kabur dari pemandangan mata lo... hahaha

      Delete
  7. Rasanya aku ingin bertanya pada pohon itu, bagaimana rasanya jika kalian di tebang oleh para manusia yang tidak bertanggung jawab :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. pohonnya udah mati trus ditanyain?
      ada ada aja neng dewii ini.. haha

      Delete
  8. Hahahaaa selain bab reproduksi. Inget bener lu di bab itu :D

    Aaaa keren tulisannya.
    '' Apa semua kebaikan yg diberikan itu tulus atau tidak punya pilihan lain selain memberi? ''
    Mantap Gan.
    Intinya pohon akan tetap tumbuh dengan akarnya yg kuat. Pondasi yg kokoh :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. buhahaha! hha makasih2..

      biarpun punya akar yang lemah dia akan tetap tumbuh, wulan.. tapi gue gak tau sih hidupnya bakalan berapa lama..
      jadi kalaupun akar itu lemah dan bisa diperkuat, why not?

      Delete
  9. Bagus tulisannya :)

    Semua pohon diciptakan untuk tujuan tertentu, sama kayak makhluk hidup lain. Kalau makhluk hidup lain bisa bergerak bebas kemana aja, pohon harus tetap di tempatnya, memberi manfaat untuk bumi dan makhluk yang tinggal di atasnya, salah satunya menghasilkan oksigen untuk kita hirup setiap hari.

    Pilihan yang dipunya sebuah pohon adalah terus tumbuh berkembang, demi menyuplai kebutuhan makhluk hidup. Satu pohon saja bisa berkontribusi positif, apalagi banyak pohon. Sayang, manusia terlalu serakah, menebang tanpa memikirkan kelangsungan hidupnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. :)

      gak kebayang yah, kalo oksigen udah menipis, gue bahkan nontonin film Air (2015), yang disitu oksigen aja sampe dihemat betul, jadi tiap orang masuk sejenis kapsul gitu. heran juga dengan ngetrennya tren cerita-cerita "dystopia", yang semakin menyindir orang-orang sekarang untuk tetap merawat bahkan satu tanaman aja dirumahnya.

      bayangkan aja rumput aja bisa menghasilkan oksigen apalagi sebatang pohon, padahal gak semua orang juga pengen rumput tumbuh tinggi yang bakal bikin halaman rumah jadi keliatan gak terurus.

      kalo pohon aja satu aja berkontribusi positif, yah paling enggak kita bisa mengikuti jejak si pohon.

      Delete
  10. makanya ya, pohon - pohon yang memberi oksigen sama manusia itu harus dilestarikan ya :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. yup, bener banget, bukan dibakar trus bikin asep dimana-mana

      Delete
  11. #savePepohonan terkadang saat hati manusia sudah di selimuti dengan keserakahan harta,,, makhluk hidup yang lainnya pun siap iya musnakan just analisa

    ReplyDelete

Ketika sebuah kalimat membentuk untaian makna baru, maka sebuah simbol akan terlihat.