August 17, 2016

Nasionalisme dalam kata



nasionalisme/na·si·o·na·lis·me/ n 1 paham (ajaran) untuk mencintai bangsa dan negara sendiri; sifat kenasionalan: -- makin menjiwai bangsa Indonesia; 2 kesadaran keanggotaan dalam suatu bangsa yang secara potensial atau aktual bersama-sama mencapai, mempertahankan, dan mengabadikan identitas, integritas, kemakmuran, dan kekuatan bangsa itu; semangat kebangsaan. [KBBI]

Udah 17 Agustus, Saatnya posting tentang 17-an.. :)
Hari yang tertulis dalam buku sejarah dari SD hingga SMA..
Mengingat jasa para pahlawan yang telah gugut mendahuli kita..
baik pahlawan yang tertulis dibuku ataupun gak tertulis..
mau itu buku sejarah melenceng gue juga gak tau.

Apa ada sejarah yang hilang?
Perlu gak sih ngitarin lautan trus nemuin poneglyph.

Sekarang, kita bisa menikmati hasilnya doang.
Entah deh gimana nasib kita kalo kita masih dijajah.
Itu bajak laut mana sih! Berapa coba harga buronannya..

Istilah Nasionalisme ini juga malah berbeda-beda diartikan tiap-tiap orang, karena pemberian contoh ataupun analogi yang berbeda-beda pula. Entah itu nasionalis sebagai sifat seseorang ataupun bersikap nasionalis ataupun ajaran paham nasionalisme yang dulu dan sekarang itu udah berbeda?

Apakah menjajah suatu negara harus bawa kapal, trus menguasai wilayah sana?
Coba pikir, kalo lo jadi yang menjajah, lo kemaren gagal secara terang-terangan. sekarang jaman udah maju, gimana lo ngejajah negara lain secara halus? Perlu todong senjata segala?


NASIONALIS menurut kamu ?






Next
This is the most recent post.
Previous
Older Post

0 comments:

Post a Comment

Ketika sebuah kalimat membentuk untaian makna baru, maka sebuah simbol akan terlihat.